ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL KONTROL LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2019

  • Vincent Loekito Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Loh Wenny Setiawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: Firm Value, Corporate Social Responsibility, Liquidity, Leverage, Company Size, Profitability

Abstract

Firm value is an important factor for the company, because the firm value is not only a determinant of the condition of the company, but it can also attract investors to invest in the company. High stock prices make the market believe in the company's current performance and also the company's future prospects. This means that company managers must think about the company's image in the eyes of shareholders by implementing corporate social responsibility. Other factors which are the internal characteristics of the company that are able to influence firm value are liquidity, leverage, company size, and profitability. This study aims to analyze the effect of corporate social responsibility on firm value with the control variables of liquidity, leverage, company size, and profitability in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017–2019. This study used purposive sampling technique with 156 observation data using multiple linear regression. The results of this research indicate that corporate social responsibility has no effect on firm value, while the control variables firm size and profitability have an effect on firm value, and liquidity and leverage have no effect on firm value.

References

Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud,6(2), 1112-1138.

Fadli, M., Mukhlish., & Lutfi, M. (2016). Hukum & Kebijakan Lingkungan. Malang: UB Press.

Fajari, M. A., & Isynuwardhana, D. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Jurnal Aksara Public, 3(3), 89-100.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Teori dan Kajian Empiris. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Hadad, M. D., & Maftuchah, I. (2015). Sustainable Financing Industri Jasa Keuangan dalam Pembiayaan Berkelanjutan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hery. (2016). Financial Ratio for Business. Jakarta: Grasindo.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo, Anggota IKAPI.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan melalui Kualitas Laba (Good Corporate & Kebijakan Perusahaan). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Languju, O., Mangantar, M., & Tasik, H. H. D. (2016). Pengaruh Return on Equity, Ukuran Perusahaan, Price Earning Ratio dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Property and Real Estate Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 387-398.

Machmuddah, Z. (2020). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Muniarti, L., Rapini, T., & Sumarsono, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Jurnal: Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 26-36.

Murnita, P., & Putra, I. M. P. D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 1470-1494.

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjut-an bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 1338-1367.

Rahmawati, S. (2017). Konflik Keagenan dan Tata Kelola Perusahaan di
Indonesia. Banda Aceh: Siah Kuala University Press.

Rezaee, Z., Tsui, J., Cheng, P., & Zhou, G. (2019). Business Sustainability in Asia Compliance, Performance, and Integrated Reporting and Assurance. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394-4422.

Said, A. L. (2018). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Sakdiah. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018). Society, 10(2), 133-153.

Septiana, A. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi laporan Keuangan. Pamekasan: Duta Media Publishing. Stacia, E., & Juniarti. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 3(2), 81-90.

Supriadi, I. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 49-59.

Susilawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibilitydan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan. Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 31-46.

Tarima, G., Parengkuan, T., & Untu, V. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 465-474.

Tjipto, E. P., & Juniarti. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Property and Real Estate.Business Accounting Review, 4(1), 25-36.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2009. (2009). Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Utomo, M. N. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Surabaya:CV Jakad Publishing.

Wahyudi, H. D., Chuzaimah., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Penggunaan Indeks Lq-45 Periode2010-2014). BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 156-164.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo:Myria Publisher.

Wilson. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Prosiding seminar nasional pakar ke-3, 2(61), 1-5
Published
2021-07-08
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times