ANTRIAN PEMESANAN TEMPAT DI RESTORAN BERBASIS SMARTPHONE

Authors

  • Alexander Kevin Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Melisa Mulyadi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

smartphone, queue, internet, database, android

Abstract

 

Ketersediaan tempat di restoran menyebabkan pelanggan restoran harus mengantri sampai ada tempat kosong. Biasanya pelanggan mencatatkan namanya dan jumlah orang yang akan makan ke pelayan di restoran kemudian  harus menunggu diluar restoran sampai dipanggil oleh pelayan. Sistem antrian seperti ini dapat  diubah menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi pelanggan dengan mengembangkan aplikasi antrian menggunakan smartphone. Pelanggan dapat memasukkan data antrian ke smartphone yang berbasis android. Bila pelanggan tidak menggunakan smartphone berbasis android maka ia dapat memasukkan data antrian lewat keypad matriks yang ada didepan restoran selanjutnya data tersebut diolah oleh arduino kemudian dikirim ke internet melalui node MCU. Seluruh data antrian  baik yang dimasukkan melalui smartphone atau keypad matriks akan tersimpan pada database yang berada di internet.  Bila sudah tersedia meja bagi pelanggan yang berada pada antrian, maka sistem akan mengirimkan perintah untuk memanggil pelanggan itu melalui aplikasi android atau short message service (SMS).

 

 

The limited space at the restaurant causes customer to queue until there is an empty space. Usually customers register their names and the number of people who will eat to the waiter in the restaurant then have to wait in front of the restaurant until called by the waiter. Queuing systems like this can be changed to be easier and more enjoyable for customer by developing a queue application using a smartphone. Customer can enter queue data to an Android-based smartphone. If a customer does not use an Android-based smartphone then he can enter the queue data via the matrix keypad in front of the restaurant then the data is processed by Arduino and sent to the internet via the MCU node. All queue data either entered via a smartphone or matrix keypad will be stored in a database that is on the internet. When a table is available for customer who are in the queue, the system will send an order to call the customer through an android application or short message service (SMS).

 

References

[1] Deshmukh, A.V. (2005),
Microcontrollers Theory and
Applications, McGraw Hill
[2] Banzi, M. 2011. Getting Started with Arduino, 2th ed. United States of America: O’reily Media.
[3] Kurniawan, A. 2015. NodeMCU Development Workshop. Depok: PE Press.
[4] Espressif System. 2013. Espressif Smart Connectivity Platform: ESP8266. Shanghai: Espressif System Inc.
[5] Elektroku, 2017, Membuat Aplikasi Android Menggunakan MIT App Inventor 2, (http://elektroku.com/membuat-aplikasi-android-menggunakan-mit-app-inventor-2, diakses tanggal 23 Oktober 2017).

Downloads

Published

2018-10-31
Abstract views: 325 | PDF downloads: 208