RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Winda Ardianti UNIKA Atma Jaya
  • Margaretha Purwanti Magister Psikologi Profesi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25170/manasa.v9i1.1852

Keywords:

reciprocal teaching, pemahaman bacaan, siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberi deskripsi mengenai pengetahuan guru tentang reciprocal
teaching (RT) untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa sekolah dasar (SD). Pengetahuan
tentang RT mencakup strategi pemahaman bacaan serta scaffolding. Metode yang digunakan
adalah kualitatif (wawancara) dan kuantitatif (kuesioner). Partisipan penelitian adalah 26 guru
wali kelas dan bidang studi serta dua orang karyawan perpustakaan yang sebagian besar
berjenis kelamin perempuan (71.43%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum
memiliki pengetahuan tentang RT secara keseluruhan, namun sudah mengetahui beberapa
strategi yang digunakan dalam RT. Pada penerapan di kelas, guru sudah mendorong siswa
untuk menggunakan beberapa strategi walaupun bukan dalam konteks RT. Uji korelasi
Pearson menunjukkan pengetahuan tentang scaffolding tidak berhubungan signifikan dengan
pelaksanaan di kelas. Pengetahuan guru tentang scaffolding belum memadai tetapi penerapan
di kelas sudah cukup memadai. Hasil penelitian ini digunakan sebagai dasar pengembangan
program untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai RT.

References

Chall, J. S. (1983). Stages of reading development. New York: McGraw-Hill.
Cooper, T., & Greive, C. (2009). The effectiveness of the methods of reciprocal teaching: As applied within the NSW primary subject human society and its environment: An exploratory study. TEACH Journal of Christian Education, 3(1), 45-52.
Frances, S. M., & Eckart, J. A. (1992). The effect of reciprocal teaching on comprehension. Amerika Serikat: Oakland University.
Oczkus, L. (2013). Reciprocal teaching: Powerful Hands-on Comprehension Strategy. The Utah Journal of Literacy, 16(1), 34-38.
Palincsar, A. S. (1993). A retrospective view of reciprocal teaching. Current Contents, 36, 8.
Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal teaching of comprehension-fostering and comprehension-monitoring activities. Cognition and Instruction, 1(2), 117-175.
Pratama, G. R. A. (2017). Gambaran Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Katolik (SDK) ABC. Tesis magister, tidak diterbitkan. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.
Seymour, J. R., & Osana, H. P. (2003). Reciprocal teaching procedures and principles: Two teachers’ developing understanding. Teaching and Teacher Education, 19, 325-344.
Stevens, R. J. (2008). Cooperative learning. Dalam Neil J. Salkind (Ed.), Encyclopedia of Educational Psychology. (h. 187-193). California: Sage.
Tajuddin, Y. (2014). Belajar Membaca Bagi Anak Usia Dini: Stimulasi Menumbuhkan Minat Baca Anak. ThufuLA, 2(1), 127-147.
Van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in teacher-student interaction: A decade of research. Educational Psychology Review, 22, 271-296.
Wulan, R. (1999). Nonton Televisi dan Aktivitas Membaca pada Anak. Buletin Psikologi, 7(1), 58-65.

Downloads

Published

2020-12-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 | PDF downloads: 98