ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN BERKELANJUTAN TERHADAP TEKNOLOGI CLOUD STORAGE PADA ALUMNI UNIKA ATMA JAYA

  • Devin Muliawan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Rilo Pambudi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: cloud computing, cloud storage, technology continuation theory, kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan intensi untuk menggunakan kembali teknologi cloud storage oleh mahasiswa/mahasiswi yang telah menyelesaikan masa studinya di Unika Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan Technology Continuation Theory yang telah diubah hubungan sebab-akibatnya dan penambahan satu variabel, yakni variabel kepercayaan.

Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Unika Atma Jaya yang pada saat ini sedang menggunakan satu atau lebih layanan cloud storage dan telah menyelesaikan masa studinya di Unika Atma Jaya antara tahun 2015 hingga tahun 2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak WarpPLS 5.0. Penelitian ini berhasil mengumpulkan data sebanyak 191 data dan yang valid untuk dignakan sebanyak 182 data.

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, konfirmasi berpengaruh terhadap kepuasan. Kedua, kegunaan dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap sikap. Ketiga, kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan. Keempat, kepuasan, kepercayaan, dan sikap berpengaruh terhadap intensi untuk menggunakan kembali.

Published
2019-04-01
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 11 times