Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Petunjuk Penulis

Petunjuk untuk Penulis Damianus Journal of Medicine

1. Mengunggah artikel yang telah disesuaikan dengan template penulisan Damianus Journal of Medicine (unduh)

2. Artikel diunggah beserta persyaratan administrasi lainnya yaitu:

- Authors database (unduh)

- Copyright transfer agreement (unduh)

- Khusus untuk laporan kasus mengisi form ini (unduh)

Petunjuk untuk penulis, aturan alur penerimaan berkas dan artikel dapat diunduh di sini.

PENARIKAN ARTIKEL

Penulis tidak diijinkan untuk menarik artikel yang dikirimkan karena penarikan adalah pemborosan sumber daya berharga yang telah dihabiskan editor untuk memproses artikel. Jika penulis masih meminta penarikan artikel ketika artikel masih dalam proses peer-review, penulis harus membayar Rp1.500.000,00 ($ 107) per artikel, sebagai denda penarikan kepada penerbit. Apabila artikel diminta untuk ditarik setelah artikel diterima (accepted) untuk diterbitkan dan masih dalam proses penyalinan atau produksi, penulis diharuskan membayar Rp2.500.000,00 ($ 179) per artikel. Penarikan artikel hanya diperbolehkan setelah penulis membayar denda kepada penerbit.

 

Tipe Artikel

  1. Artikel Penelitian : Artikel primer hasil penelitian ilmu kedokteran dan kesehatan.
  2. Laporan Kasus    : Artikel dengan pembahasan sebuah atau beberapa kasus yang menarik atau jarang dijumpai. Artikel tersebut juga mengulas mengenai alasan keunikan kasus, pilihan tata laksana yang digunakan dan hasil follow-up kasus terkait.
  3. Tinjauan Pustaka   : Artikel yang dibuat berdasarkan telaah teori, pengembangan model, deskripsi fakta dan penilaian suatu produk ilmu kedokteran atau kesehatan yang terbaru.

 

Petunjuk Umum

Artikel yang dikirimkan tidak mengandung unsur plagiat, harus asli, belum dimuat dalam jurnal lain dan tidak dalam proses untuk dimuat dalam jurnal lainnya. Artikel yang diterima untuk diterbitkan akan menjadi milik penerbit dan tidak akan dikembalikan ke penulis. Penerbit memiliki hak cipta atas seluruh isi artikel yang diterbitkan. Artikel yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan kepada penulis. Isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis. Dewan redaksi memiliki hak untuk melakukan pengeditan sesuai dengan gaya selingkung. Setiap artikel yang masuk akan dinilai oleh mitra bebestari yang yang dipilih oleh dewan editor. Artikel penelitian harus disertai persetujuan etis dan informed consent dari instansi setempat jika diperlukan. Penerimaan dan pengiriman artikel diunggah pada situs Damianus Journal of Medicine dan dikirimkan lewat email: damianus.jom@gmail.com.

           

Jenis dan Tampilan Artikel

Jenis artikel yang dapat diterbitkan adalah artikel penelitian, laporan kasus dan tinjauan pustaka. Jumlah halaman maksimal adalah 16 halaman (termasuk halaman daftar pustaka dan halaman tabel dan gambar). Artikel diketik pada kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 2,5 cm, serta batas bawah, kanan, dan kiri 2 cm dari tepi kertas.  Artikel harus berisi halaman (1) judul dan penulis, (2) abstrak dan kata kunci, (3) isi artikel dan ucapan terima kasih, (4) daftar pustaka, (5) tabel dan gambar secara berurutan pada bagian artikel, serta disimpan dengan format dokumen .doc atau .docx. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia.

Halaman Judul

Halaman judul diketik dengan menggunakan huruf Arial berukuran 14, alignment center, spasi 1 dengan judul artikel menggunakan huruf kapital, ditebalkan dan tidak lebih dari 16 kata. Halaman judul harus memuat judul artikel, nama lengkap seluruh penulis tanpa gelar dengan nama pertama sebagai penulis utama, nama departemen atau institusi terkait dan alamat institusi. Tandai penulis yang berperan dalam korespondensi artikel tersebut dengan tanda *.

 

Halaman Abstrak

Halaman abstrak diketik menggunakan huruf Arial ukuran 10, alignment justified, spasi 1. Halaman abstrak hanya boleh berisi 150 hingga 250 kata dengan kata kunci berisi tiga sampai dengan tujuh kata yang diurutkan secara alfabet. Halaman abstrak juga harus diketik dwibahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Abstrak ditulis dalam bentuk terstruktur, Struktur untuk artikel penelitian adalah berisi pendahuluan, metode, hasil, dan kesimpulan. Struktur abstrak untuk artikel laporan kasus harus berisi pendahuluan, kasus, dan kesimpulan. Struktur abstrak untuk artikel tinjauan pustaka berisi pendahuluan, tujuan, metode, dan diskusi.

 

Isi Artikel

Isi artikel diketik menggunakan huruf Arial berukuran 11, justified alignment, spasi 1,5. Tabel dan gambar (jika ada) harus dinyatakan pada isi artikel namun tidak boleh memuat tabel dan gambar tersebut. Ucapan terima kasih harus dicantumkan. Jika tidak ada ucapan terima kasih maka harus ditegaskan bahwa artikel tidak terkait dengan instansi lain dan tidak terdapat pendanaan di luar instansi terkait. Seluruh penulisan kata harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang benar, termasuk penulisan tanda baca dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Isi artikel harus mengikuti template yang telah disediakan.

 

Daftar Pustaka

Daftar pustaka dibuat menggunakan bantuan aplikasi seperti mendeley, endnote dan lainnya tidak diketik manual serta mengikuti gaya penulisan Vancouver dengan jumlah minimal 15 buah dan maksimal 30 buah. Daftar pustaka  menggunakan huruf Arial berukuran 9 dan spasi 1,5. Urutan daftar pustaka disusun menurut urutan pemunculan dalam artikel dengan huruf pertama dalam judul atau nama menggunakan huruf kapital. Seluruh nama penulis harus dicantumkan apabila artikel memiliki enam atau kurang jumlah penulis. Apabila artikel memiliki lebih dari enam penulis, maka enam penulis pertama wajib dicantumkan diikuti dengan “et al.”. Nama jurnal disingkat menurut aturan yang tercantum dalam Index Medicus. Daftar pustaka harus mengandung minimal 75% artikel mutakhir (sepuluh tahun atau kurang). Daftar pustaka sebaiknya merupakan artikel lengkap dan bukan merupakan abstrak. Tidak diperkenankan menggunakan daftar pustaka sekunder dan konsultasi.

 

Tabel dan Gambar

Tabel atau gambar diletakkan didalam artikel pada bagian yang menjelaskan tabel atau gambar tersebut. Jumlah tabel atau gambar yang diperbolehkan adalah maksimal 6 buah. Judul dan teks tabel maupun judul gambar diketik dengan huruf Arial ukuran 10 dengan spasi 1. Tabel atau gambar (jika ada) harus dinyatakan pada isi artikel. Penulisan nomor tabel atau gambar menggunakan angka Arab diikuti dengan judul tabel atau gambar. Setiap tabel atau gambar yang diambil dari sumber lain harus dicantumkan dalam daftar pustaka.

Tabel hanya terdiri dari garis horizontal tanpa garis vertikal. Nomor dan judul tabel diletakkan di atas tabel. Tabel pada bagian hasil sedapat mungkin menyebutkan nilai p, Odds Ratio (OR) atau Relative Risk (RR), dan Confidence Interval (CI). Sumber dicantumkan pada bagian bawah tabel dengan mengikuti gaya penulisan Vancouver. Bila tabel merupakan hasil karya pribadi, maka sumber tidak perlu dicantumkan.

Gambar dalam bahasa Inggris sebaiknya diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Nomor dan judul gambar diletakkan di bawah gambar. Gambar yang dikirimkan dalam file terpisah disimpan dalam format .jpeg, .png, .bmp, atau .tiff dengan resolusi minimal 300 dpi. Sumber dicantumkan menggunakan pada bagian bawah nomor dan judul gambar dengan mengikuti gaya penulisan Vancouver. Bila gambar merupakan hasil karya pribadi, maka sumber tidak perlu dicantumkan. Gambar berwarna akan dikenakan biaya pencetakan sebesar Rp 250.000,- setiap gambar (versi cetak).

 

 

Pernyataan Privasi

Nama-nama dan alamat-alamat surel yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini hanya akan dipergunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan disebarkan untuk tujuan lainnya kepada pihak manapun.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.