KOMPETENSI PENDIDIK PARA LULUSAN PRODI BIMBINGAN KONSELING UNIKA ATMA JAYA

  • Henny Christine Mamahit Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya
  • Yohanes Markus Papu Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya

Abstract

Abstrak Kompetensi lulusan mahasiswa prodi BK mengacu pada kompetensi pendidik yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Terdapat empat kompetensi yang perlu dikembangkan sebagai calon pendidik yaitu kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Pengembangan keempat kompetensi ini terdapat dalam kurikulum prodi BK dan terealisasi dalam proses pembelajaran. Melalui sebaran data dengan menggunakan instrumen berbentuk skala penilaian, ditelusuri kompetensi alumni prodi BK terkait penguasaan keempat kompetensi tersebut. Untuk memperkuat hasil data deskriptif, peneliti melakukan focus group discussion bersama alumni. Hasil skor rata-rata pada komponen pedagogik sebesar 153,25; pada komponen kepribadian sebesar 212, 85; pada komponen profesional sebesar 207,2; dan pada komponen sosial sebesar 213,45. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa komponen yang berada di atas skor rata-rata keseluruhan dan merupakan komponen tertinggi adalah komponen sosial. Komponen kedua setelah komponen sosial adalah komponen kepribadian. Komponen ketiga adalah komponen professional, dan komponen yang berada di bawah komponen skor rata-rata keseluruhan adalah komponen pedagogik.  Kata kunci: kompetensi pendidik, profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Abstract:  Competence required by the guidance and counseling students to graduate refers to the teacher competence stipulated in the Law No. 14/2005 on Teachers.  Included in the curriculum of guidance and counseling study program and realized in the learning process, this competence encompasses such components as professional, pedagogy, personal and social. Using the assessment scale as an instrument, this study aims to find out the students’ mastery of the four components of the competence. To support results from the descriptive data, the study will use a focus group discussion with the alumnae. Findings indicate that the average score of pedagogic component is 153.25, of personal component 212. 85, of professional component 207.2, and of social component 213.45. Key words: teacher competence, professional, pedagogic, personal, social.
Published
2017-05-01
Abstract viewed = 14 times