SIKAP SISWA KELAS IX TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI DI SMP SANTA MARIA JAKARTA

  • Novita Sari Sari SMA Nomansen Jambi

Abstract

AbstrakInformasi karir disampaikan kepada siswa di Sekolah Menengah Pertama agar siswa dapat mengenal terlebih dahulu kemampuan, mina, dan bakat yang dimiliki. Informasi karir di sekolah merupakan kegiatan layanan yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa dapat memahami dirinya sendiri, dapat menyusun rencana dan membuat suatu keputusan yang tepat terkait dengan langkah karir yang dimiliki siswa. Layanan informasi yang diberikan meliputi pemberian materi, penggunaan media dan metode, serta karakteristik guru BK dalam menyampaikan informasi. Hasil ujicoba instrumen skala sikap dari 132 pernyataan didapatkan sebanyak 115 pernyataan yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17% siswa di SMP Santa Maria memberikan respon yang positif dan 83% siswa menunjukkan respon yang cukup positif. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa yang tinggi pada komponen karakteristik konselor dengan rerata skor sebesar 137,5 (64,86%) dan respon yang kurang positif terhadap komponen metode dengan rerata skor sebesar 118,94 (56,1%). Hasil penelitian ini menunjukkan sikap siswa kelas IX positif terhadap pelaksanan layanan informasi di SMP Santa Maria. Kata kunci: pelaksanaan layanan informasi, pemberian materi, penggunaan media dan metode Abstract          Career information in schools is a service activity conducted in schools with the aim of helping students to understand themselves, to plan and make an appropriate decision related to a career move of the students. Services provided include the provision of information material, the use of media and methods, as well as the characteristics of the BK teachers in conveying information. Attitude scale instrument test results of 132 statements obtained 115 valid statements with the reliability coefficient of 0.966. The results showed that 17% of students in the Junior Santa Maria showed a positive response and 83% of students showed a fairly positive response. The results showed high student responses to the characteristic components counselor with a mean score of 137.5 (64.86%) and showed a less positive response to components of the method with a mean score of 118.94 (56.1%). The results of this study indicate positives attitudes of class IX students toward the implementation of information services. Keywords: Implementation of Information Services, the provision of information material, the use of media and methods
Published
2017-05-01
Abstract viewed = 19 times