HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH ORANGTUA DAN HARGA DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK STRADA BUDI LUHUR BEKASI

  • Putri Shima Shima Sekolah Kelompok Bermain Santa Maria Jakarta

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan harga diri terhadap penyesuaian sosial siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur Bekasi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 73 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala penilaian. Instrumen persepsi pola asuh orangtua memiliki 36 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,89. Instrumen harga diri memiliki 44 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Instrumen penyesuaian sosial memiliki 49 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,93. Hasil penelitian persepsi terhadap pola asuh dan harga diri dengan penyesuaian sosial diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,482 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orangtua dan harga diri dengan penyesuaian sosial. Pola hubungan yang ditunjukkan adalah positif, yang artinya semakin positif persepsi pola asuh orangtua dan semakin tinggi harga diri siswa maka semakin baik pula penyesuaian sosial siswa. Kata kunci : persepsi terhadap pola asuh orangtua, harga diri, penyesuaian socialThe aim of this study is to discover the relationship between the perceptions of parenting patterns and self-esteem towards ten graders’ social adjustment of Strada Budi Luhur Senior High School. It employs a correlation method with 73 students as its subjects. Data were collected using an assessment scale instrument. The perceptions of parenting pattern had 36 statements with the reliability coefficient of 0.89; the self-esteem instrument had 44 statements with the reliability coefficient 0.91, and social adjustment instrument had 49 statement with the reliability coefficient of 0.93.  Results showed that the perception of parenting and self-esteem toward social adjustment had a correlation coefficient of 0.482 (p<0.05). Thus, there is a positive and significant correlation between the perception of parenting patterns and self-esteem toward social adjustment, suggesting that the more positive the perception of the parenting pattern, and the higher the students’ self-esteem, the better students’ social adjustment. Key words: perceptions of parenting patterns, self-esteem, and social adjustment
Published
2017-05-01
Abstract viewed = 8 times