KECAKAPAN BERKOMUNIKASI BERBASIS ENGLISH FOR TOURISM DAN ENTERPRENEURSHIP BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KAVLING SEROJA, KOTA BATAM

Main Article Content

Yunisa Oktavia Nur Elfi Husda Suhardianto Suhardianto

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki permasalahan sebagai berikut. (1) Kecakapan berkomunikasi masyarakat belum mampu dipahami oleh pendatang sehingga menyulitkan pendatang untuk mengunjungi situs-situs pariwisata yang ada di sana. (2) Masyarakat belum mahir menggunakan bahasa Inggris sehingga sulit mengaplikasikan English for tourism. (3) Prinsip kearifan lokal budaya Melayu belum direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. (4) Jiwa enterpreneurship masyarakat belum terbentuk, padahal daerah mereka memiliki peluang yang bagus untuk menciptakan usaha kreatif. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan hasil, serta partisipasi mitra dalam pelaksanaan program pengabdian. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan kecakapan berkomunikasi masyarakat Sagulung agar mahir berbahasa Inggris dan mengembangkan jiwa enterpreneurship masyarakat agar menjadi ibu rumah tangga yang mandiri, kreatif, dan meningkatkan taraf perekonomian. Hasil kegiatan ini adalah ibu rumah tangga sebagai peserta pengabdian sudah mendomininasi dan mengalami peningkatan kemahiran English for tourism. Peserta juga diberikan pelatihan pembuatan keset kaki berbasis kearifan lokal dan pembuatan sabun cuci piring yang bebas dari zat kimia, harga terjangkau, higienis, dan bernilai ekonomi. Berdasarkan hasil kegiatan ini, masyarakat Kavling Seroja memiliki usaha mandiri dengan memiliki UMKM keset kaki di perumahan mereka

Article Details

Section
Articles