PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SMAN 1 MANDE, CIANJUR

Main Article Content

Librilianti Kurnia Yuki

Abstract

Masalah yang ingin dijawab dalam makalah ini adalah (1) apakah terdapat
perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur, dan (2)
bagaimana persiapan pembelajaran membaca pemahaman yang menggunakan
pendekatan kontekstual (CTL) pada siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur. Masalah di
lapangan menunjukkan rendahnya pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut
merupakan tantangan bagi guru bahasa Indonesia, khususnya di SMA. Kendala yang
muncul dalam pembelajaran di kelas adalah sikap siswa yang cenderung reseptif. Solusi
dari hambatan itu adalah melakukan pendekatan kontektual supaya mampu
memengaruhi siswa belajar dengan aktif sesuai dengan perkembangan siswa untuk
menghilangkan rasa jenuh. Siswa juga diberikan kebebasan berpikir supaya mampu
menikmati pembelajaran. Berdasarkan temuan dari proses pembelajaran ternyata
terjadi peningkatan yang signifikan terutama dalam memahami materi pembelajaran,
khususnya membaca pemahaman.

Article Details

Section
Articles