APAKAH GENDER MEMODERASI PENGARUH TRUST, DAN EASE-OF-USE TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION?
DOI:
https://doi.org/10.25170/wpm.v13i1.81-91Keywords:
ease-of-use, gender, hierarchical regression analysis, trust, online repurchase intentionAbstract
Pandemi Covid-19 mengubah rutinitas pembelian kebutuhan sehari-hari sehingga konsumen merasakan berbagai pengalaman dalam berbelanja secara online. Dampak kepercayaan dan kemudahan dalam bertransaksi menimbulkan keyakinan dalam berbelanja sehingga konsumen memiliki niat pembelian kembali, namun adanya kepercayaan dan kemudahan penggunaan ini akan dilihat perbedaan secara jenis kelamin apakah terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan cara menyebarkan google form pada 105 konsumen toko online “X” yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan hierarchical regssion analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust berpengaruh terhadap online repurchase intention, ease of use berpengaruh terhadap online repurchase intention, pengaruh trust terhadap online repurchase intention dimoderasi oleh gender, dan pengaruh ease of use terhadap online repurchase intention tidak dimoderasi oleh gender.