PENGARUH KONTEN REVIEW MAKANAN OLEH INFLUENCER TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO (WARUNG TENDA) DI WILAYAH KEBON KACANG, JAKARTA PUSAT

Authors

  • Asih Anggarani Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Herlin Hidayat Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yudith Dyah Hapsari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/wpm.v16i1.5900

Keywords:

UMKM, Influencer, TikTok, Konten Review

Abstract

Usaha Mikro menjadi salah satu pilar ekonomi, terutama di negara berkembang, di Indoneisa juga demikian. Tidak semua pelaku usaha mikro memiliki dana lebih untuk melakukan promosi terhadap produk yang mereka jual. Kemunculan influencer, terutama dari aplikasi TikTok dengan konten review-nya menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan omset usaha mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten review makanan oleh influencer TikTok terhadap perkembangan usaha mikro street food di wilayah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan adalah lima pelaku usaha mikro di Wilayah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode analisis secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya influencer TikTok tidak serta merta memberikan pengaruh positif terhadap meningkatnya omset penjualan para pelaku usaha mikro. Perlu adanya upaya perbaikan dan  perubahan manajemen usaha, pelayanan, dan upaya di luar kebiasaan menjalankan usahanya supaya dampak positif dari review influencer dapat diantisipasi dan dimanfaatkan untuk bertahan bahkan meningkatkan penjualan serta mengembangkan usaha.

References

Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Lu, C., & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Sosial Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57-73.

Al Farisi, S., & Fasa, M. I. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84.

Alkhanza, A. (2023). Influencer Marketing Communication pada Keputusan Pembelian Produk UMKM (Survei Pengaruh Penggunaan Influencer pada Pengikut Instagram@ e. nengmanis terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM “Eneng Manis.” (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Amaranggana, Laksmi, P., Pratiwi, I. E. (2024). “Ramai soal "Review" Resto Bikin Usaha Bangkrut.” Kompas.com. 29 April 2024. https://www.kompas.com/tren/read/20 24/04/29/140000265/ramai-soal-review-resto-bikin-usaha-bangkrut-pakar-hukum--sah-tapi-harus?page=all. diakses 21 Agustus 2024.

Anggraini, A., & Hwa, M. (2022). Pengaruh Digital Food Influencer terhadap Minat Beli. Jurnal Syntax Transformation, 3(07), 1038-1042.

Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer dalam Mengkomunikasikan Pesan di Media Sosial Instagram [The Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.

Fianabila, A., Farisyaputra, A. K., Laurienza, D. S., & Raharjo, K. M. (2023). Peran Influencer Marketing dalam Meningkatkan Produk UKM (Webinar UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur). Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 132-138.

Hapsari, D. K., Manalu, S. R., & Rahmiaji, L. R. (2022). Memahami Motivasi, Bentuk Interaksi, dan Manfaat Bagi Follower dalam Mengikuti MicroInfluencer di Media Sosial Instagram. Interaksi Online, 11(1), 367-386.

Hardini, R., Nurani, M. I., Larasayu, F., & Permana, E. (2023). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer di media sosial instagram pasca pandemi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2), 134-148.

Hasibuan, E. S., & Hidayat, R. (2024). Perlindungan Pelaku Usaha atas Review Food vlogger Perspektif Wahbah Az-Zuhaili: Studi Kasus di platfrorm Tik Tok. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3292-3301.

Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Jurnal Prologia, 4(1), 147–152.

Lestari, W. S., Yusuf, A., Singaperbangsa, U., Ronggowaluyo, J. H., & Timur, J. (2019). Pengaruh kualitas makanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 94-101.

Nandy. (2024). Apa itu influencer? pengertian, jenis, dan pengaruhnya terhadap bisnis. diakses pada 4 Juni, 2024, https://www.gramedia.com/literasi/influencer/

Nurhandayani, A., Syarief, R., & Najib, M. (2019). The impact of social media influencer and brand images to purchase intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(4), 650-661.

Pride, William M., Robert J. Hughes & Jack R. Kapoor. (2019). Foundations of Business. Cengage Learning. Boston: Cengage.

Rahmatillah, F., & Saefuloh, D. (2022, August). Analisis pengaruh konten pemasaran Tiktok terhadap niat beli: studi kasus pada produk UMKM makanan. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 13, No. 01, pp. 1099-1104).

Siahaan, A. M., Siahaan, R., & Siahaan, Y. E. (2020). Faktor pendukung dan penghambat kinerja UMKM dalam meningkatkan daya saing. Jurnal Stindo Profesional, 6(6), 143-156.

Wiliana, E., & Purwaningsih, N. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Kuliner di Kota Tanggerang di Masa COVID-19. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 264273.

Downloads

Published

2024-05-15
Abstract views: 69 | PDF downloads: 46