Jurnal InterAct https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact <p><strong>Jurnal InterAct&nbsp;</strong>&nbsp;publishes articles based on research, theoretical perspectives on the development of the communication field, and scientific evaluation/analysis on the implementation of communication programs. ISSN Online (<a title="issn online" href="http://u.lipi.go.id/1511128515" target="_self">2614-1442</a>)</p> <p><strong>Jurnal InterAct</strong>&nbsp;provides an equivalent weight on the academic and applied aspects within the development sphere of communication theory based on communication levels and social-cultural growth.</p> <p>The articles and themes presented in the journal have the goal to increase the understanding of the importance of communication and in developing new concepts to provide solutions in implementing communication science in Indonesia.</p> <p><strong>Jurnal InterAct</strong>&nbsp;discusses materials and current issues on a broad scope of communication science that includes:</p> <p><strong>1. Empirical/scientific results conducted towards a communication activity.</strong><br><strong>2. Analysis of scientific concepts that are within the boundaries of communication science.</strong><br><strong>3. Evaluation/analysis on a communication program.</strong><br><strong>4. Reviews of a new theoretical/scientific textbooks in the Communication Science discipline.</strong></p> en-US nia.sarinastiti@atmajaya.ac.id (Nia Sarinastiti) interact@atmajaya.ac.id (Sekretariat Redaksi) Tue, 20 Feb 2024 00:00:00 +0100 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Obstacles to the Implementation of Digital Transformation: A Case Study of the Yayasan Al Huda Islamic Education Center Metropolitan https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4916 <p>Dalam rangka memosisikan diri di ranah persaingan global, Yayasan Al Huda Islamic Education Center Metropolitan (YAIECM) menghadapi kendala dalam implementasi transformasi digital Sistem Informasi Sekolah Terpadu (SISTesi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dinamika yang terjadi dalam implementasi transformasi digital di YAIECM dan mengidentifikasi hambatan yang muncul. Penelitian ini menggunakan pendekatanpenelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metodologi studi kasus. Kajian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)dan Diffusions of Innovation (DOI) dalam kerangka teorinya. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap guru, staf, ketua yayasan, dan salah satu pendiri PT. Exi Global Application, pencipta SISTesi, sistem yang digunakan oleh yayasan. Proses inovasi transformasi digital yang dilakukan YAIECM melibatkan integrasi seluruh unit, mengubah sistem manual menjadi digital. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa dinamika proses inovasi transformasi digital meliputi komunikasi inovasi, proses inovasi itu sendiri, kesiapan sumber daya manusia, dan teknis implementasi. Terkait dengan komunikasi inovasi, terlihat bahwa pegawai belum sepenuhnya memahami keinginan pimpinan sehingga menyebabkan kurangnya sinergi antara pengurus yayasan dan pegawai. Lebih lanjut, studi ini mengidentifikasi hambatan dalam penerapan sistem transformasi digital, termasuk komunikasi yang tidak efektif, perencanaan yang tidak memadai, sumber daya teknologi dan literasi digital yang tidak mencukupi, serta tantangan teknis yang menghambat efektivitas dan efisiensi meskipun infrastruktur sudah mapan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi berharga bagi organisasi lain yang memulai perjalanan transformasi digital mereka.</p> Angela Priscilla Gunawan, Niyu Niyu Copyright (c) 2024 Jurnal InterAct https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4916 Tue, 20 Feb 2024 00:00:00 +0100 The Communication Strategies of Children with Autism Spectrum Disorders' Companions in Teaching Sexual Education https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4636 <p>Peran pendamping bagi individu berkebutuhan khusus penyandang autisme sangatlah penting. Kesulitan berinteraksi dengan lingkungan sosial di sekitarnya yang dialami para penyandang autisme, harus dapat dijembatani dengan bantuan pendamping. Autisme memiliki spektrum yang sangat luas dengan ciri yang berbeda pada setiap individu. Dalam memasuki masa pubertas yang ditandai dengan perubahan fisik dan masalah seksualitas, kesulitan yang dialami individu penyandang autisme bertambah sehingga pendamping perlu memberikan edukasi tentang seksualitas yang tepat. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan para pendamping dalam memberikan pendidikan seksual bagi individu penyandang autisme yang memasuki masa pubertas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan 7 informan yang terdiri dari guru siswa autis dan orang tua yang diwawancarai. Selain itu dilakukan observasi non partisipan melalui zoom saat guru memberikan pelajaran yang terkait dengan seksualitas dan pubertas kepada siswa dan saat orang tua berkomunikasi dengan anaknya. Hasil menunjukkan bahwa guru dan orang tua menggunakan strategi komunikasi yang sama dalam membantu menjelaskan tentang seksualitas dan pubertas, yaitu dengan cerita sosial. Cara berkomunikasi mereka juga sangat bervariasi. Cara yang bervariasi ini bergantung pada tingkat kemampuan anak dalam komunikasi dan pemahaman serta kebiasaan komunikasinya serta kemampuan dan kecepatan anak menyerap informasi, termasuk dinamika emosi pada anak.</p> Desideria Dwihadiah, Anastasia Suhanto Copyright (c) 2024 Jurnal InterAct https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4636 Tue, 20 Feb 2024 00:00:00 +0100 The Influence of the Narrative of Pop-Up Promo Notification Go-JEK on Brand Attitude https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4923 <p>Digitalisasi meningkatkan bisnis, dan juga serta merta, menghadirkan kompetisi. Untuk itu, perusahaan dituntut untuk berinovasi dalam hal strategi pemasaran untuk memastikan pendapatan dan mempertahankan konsumen. Gojek berinovasi dengan Notifikasi <em>Pop-Up</em> yang muncul melalui ponsel pintar para pengguna. Notifikasi <em>Pop-Up</em> ini ditujukan untuk berinteraksi dengan konsumen dan memberikan berbagai penawaran. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengidentifikasi pengaruh narasi promosi yang diusung melalui Notifikasi <em>Pop-Up</em> terhadap <em>Brand</em> <em>Attitude</em> dari para pengguna Gojek. Narasi sebagai variabel bebas terdiri dari sub variabel <em>copywriting</em>, pilihan kata, dan gaya bahasa. Sedangkan, <em>Brand</em> <em>Attitude</em>, sebagai variabel terikat, memiliki kognitif, afektif, dan konatif sebagai sub variabelnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, dan perolehan sampel menggunakan teknik purposif. Kuesioner dibagikan kepada pengguna Gojek yang berusia 15 sampai 24 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel narasi promosi pada Notifikasi <em>Pop-Up</em> Gojek berpengaruh secara moderat terhadap variabel <em>Brand</em> <em>Attitude</em>. Dengan demikian, Notifikasi <em>Pop Up</em> pada aplikasi Gojek berpotensi untuk dioptimalisasi untuk tujuan <em>branding</em> maupun <em>customer engagement </em>dalam aplikasi Gojek.</p> Maria Jezzixa Oktaviane , Natalia Widiasari Copyright (c) 2024 Jurnal InterAct https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/4923 Fri, 23 Feb 2024 00:00:00 +0100