BAGAIMANA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DISAJIKAN KEPADA PUBLIK: SUATU KAJIAN WACANA DENGAN TRANSITIVITY
Keywords:
Analisis Wacana, Transitivity, Revolusi Industri 4.0Abstract
Revolusi Industri 4.0 mulai makin sering mewarnai wacana publik sejak tahun 2018. Arus informasi yang sedemikian masif itu tentu akan membuat masyarakat mengkonseptualisasikan entitas tersebut dalam pola tertentu yang sedikit banyak dipengaruhi oleh bagaimana Revolusi Industri 4.0 disajikan kepada pembaca. Studi kecil ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana masyarakat diposisikan terhadap jaman baru tersebut. Analisis dilakukan dalam kerangka teori Transitivity, bagian tata bahasa yang mendefinisikan hubungan antara subjek dengan predikat ke dalam lima tipe: mental, relasional, material, eksistensial, dan verbal. Wacana yang dikaji adalah dokumen resmi Kementerian Riset danTeknologi, serta beberapa berita di harian ibu kota. Hasil menunjukkan bahwa Revolusi Industri 4.0 digambarkan sebagai suatu era yang membuat pembaca harus siap menjalani proses mental tertentu, dan sebagai agen yang mendisrupsi berbagai kegiatan manusia. Kajian pada wacana yang terbit dua tahun setelah 2018 ternyata juga masih menunjukkan kecenderungan yang sama. Studi lanjut yang lebih kokoh secara metodologi semestinya mampu menguak lebih banyak dan lebih dalam tentang pemosisian era baru ini dalam wacana publik.