PEMEROLEHAN BAHASA JENIS KALIMAT DAN STRUKTUR KALIMAT BAHASA INDONESIA ANAK USIA 3;0-4;0 TAHUN DI PAUD BIMBA AIUEO
Keywords:
Pemerolehan Bahasa, Jenis Kalimat, Struktur KalimatAbstract
Penguasaan bahasa yang benar merupakan kunci keberhasilan dan kesempurnaan proses komunikasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses komunikasi ialah pemerolehan kalimat yang cukup. Seorang anak akan lebih banyak diam, menyimak, dan mendengarkan tanpa memberikan reaksi ucapan apapun pada awal pemerolehan bahasa. Artinya, kematangan pertama yang dikuasai anak adalah mendengarkan pembicaraan orang lain. Setelah umurnya bertambah, pertumbuhan alat ucapnya pun bertambah baik. Anak akan berusaha untuk menerima dan menirukan kata-kata yang pernah didengarnya baik dari orang tuanya, keluarganya, dan lingkungan sekitarnya. Pertumbuhan dan perkembangan bahasa anak selalu meningkat setiap harinya. Ekspresi anak-anak berubah secara bertahap dalam berkomunikasi. Dalam penelitian ini, untuk mendeskripsikan jenis kalimat dan struktur kalimat yang digunakan anak usia 3;0-4;0 tahun di PAUD Bimba AIUEO Aia Dingin Koto Tangah Padang berdasarkan amanat wacana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik rekam. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yang berusia 3;0-4;0 tahun di PAUD Bimba AIUEO Koto Tangah Padang. Data penelitian ini adalah tuturan subjek peneliti. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan data ke bahasa tulis, (2) mengidentifikasikan ke dalam tabel berdasarkan jenis kalimatnya, (3) mengklasifikasikan dalam tabel berdasarkan jenis kalimat, (4) menganalisis data berdasarkan jenis kalimat, (5) membuat kesimpulan berdasarkan analisis data. Berdasarkan analisis data dan pembahasan terhadap anak usia 3;0-4;0 tahun di PAUD Bimba AIUEO Aia Dingin Padang. Dilihat dari jenis kalimat berdasarkan amanat wacana ditemukan empat jenis kalimat yaitu kalimat interogatif, deklaratif, responsif, dan kalimat imperatif. Jenis kalimat yang dominan digunakan adalah kalimat interogatif, karena rasa ingin tahu anak tinggi. Selain itu, berdasarkan analisis data yang ditemukan anak lebih banyak menggunakan struktur kalimat menggunakan unsur subjek dan predikat. Jadi dapat disimpulkan bahwa anak mampu mengucapkan kalimat dari segi jenis dan strukturnya.