KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Mastiah Mastiah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, menulis karangan argumentasi, pendekatan contextual teaching and learning

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada tulisan argumentasi mahasiswa, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis karangan argumentasi. Adapun rincian tujuannya adalah 1) mengetahui kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan 2) Mengetahui adakah perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pada pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen dilakukan pada subjek penelitian dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, yaitu tes menulis argumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian berpikir kritis. Hasil penelitian ini adalah 1) rata-rata pretes kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas kontrol adalah 60,74, sedangkan posttes 62,22, sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretes 60,00, dan posttes 70,37; 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis pada tes awal (pretes) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Begitu juga pada tes akhir (posttes) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Namun, dilihat dari rata-rata perolehan, terdapat peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa dalam menulis karangan argumentasi setelah menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Yaitu terlihat pada perolehan rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 15 | PDF downloads: 13