MODEL PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK ANAK USIA DINI ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ninawati Syahrul Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Keywords:

literasi dasar, dongeng, audio-visual, model pembelajar

Abstract

Minimnya literasi anak Indonesia menjadi perhatian khusus bagi pendidik dalam meningkatkan minat baca anak usia dini. Gerakan literasi membaca pada anak usia dini melalui pengenalan cerita belajar dari rumah (BDR) merupakan suatu keniscayaan. Untuk itu, guru dan orang tua peserta didik harus bersinergi, kreatif, dan inovatif dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang bersifat narasi dan audio-visual. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan mengaplikasikan model pembelajaran literasi untuk anak usia dini dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi untuk anak usia dini penting dan dapat menggunakan (1) model bercerita dengan menyanyi; (2) model bercerita dengan berdiskusi dan tanya jawab atau menceritakan ulang isi buku/gambar (guru/orang tua mengajukan pertanyaan seputar dongeng, memancing dengan cara saling tanya; (4) bercerita dengan model bermain peran. Dengan demikian, melalui pendidikan lierasi pada anak usia dini, peran orang tua dan guru menjadi signifikan dalam menumbuhkembangkan karakter anak dalam berpikir kritis, logis, dan kreatif pada masa yang akan datang.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles