PENERAPAN PEDAGOGI GENRE DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE

Authors

  • Rina Rosdiana Universitas Pakuan
  • Ruyatul Hilal Mukhtar Universitas Pakuan

Keywords:

pedagogi genre, membangun konteks, pemodelan, mengonstruksi teks

Abstract

Membangun konteks, pemodelan, mengkonstruksi teks secara bersama-sama, mengkonstruksi teks secara mandiri merupakan tahapan yang dikembangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersumber dari bahan ajar. Terapan tahapan tersebut untuk melatih keterampilan mengonstruksi pengetahuan dalam beragam konteks dan aktivitas. Dengan empat tahapan tersebut diharapkan keterampilan berbahasa dapat terlatihkan daan sampai pada penggunaan. Selain itu juga pengembangan bahan ajar mengacu pada pengimplementasian kecakapan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan konsep Technological pedagogical content knowledge (TPACK). Tujuan penelitian ini adalah tergambarnya bahan ajar yang mengakomodasi pedagogi genre, Kecakapan Abad 21 (creative, critical thinking, collaborative, dan communication, serta pemanfaat teknologi informasi dalam mengembangkan bahan ajar yang merupakan tuntutan Kurikulum 2013. Data penelitian berupa bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diperoleh dalam aktivitas perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik konten analisis. Data berupa bahan ajar Bahasa Indonesia tingkat SMA yang dibuat 22 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pakuan, Bogor. Hasil penelitian ini adalah 1) tersaji aktivitas-aktivitas atau visualisasi membangun konteks dengan beragam variasi visualisasi sesuai kompetensi dasar yang dikembangkan, 2) Terdapat variasi pemodelan teks dengan beragam tema teks, struktur teks dengan pengembangan gagasannya, 3) terdapat aktivitas mengkonstruksi teks secara berkelompok dalam bentuk diskusi (kolaborasi) dengan memunculkan keterampilan berpikir kritis, 4) menyajikan bentuk mengomunikasikan dalam bentuk kolaborasi dengan menyampaikan atau mempresentasikan hasil diskusi, 4) terdapat sajian aktivitas mengkonstruksi teks secara kreatif dan mandiri sehingga diharapkan melalui petunjuk aktivitas ini menghasilkan produk tulisan sesuai jenis teks, 5) penggambaran pemilihan bahan ajar dan aktivitas yang memanfaatkan ketersediaan teknologi informasi dalam beragam platform aktivitas sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. 6) Pendeskripsian penyajian bahan ajar dilihat dari relevansi pengembangan materi sesuai kompetensi dasar, 7) Penggambaran penerapan pedagogi genre secara menyeluruh untuk semua pengembangan kompetensi dasar, 8) ketersajian aktivitas yang berkenaan dengan terapan keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan memirsa.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles