PERUBAHAN FONEM VOKAL DAN KONSONAN PADA TEKS TULISAN PEMELAJAR BIPA DI KBRI NEW DELHI

Authors

  • Riza Sukma Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek

Keywords:

fonem, vokal, konsonan, teks, BIPA

Abstract

Program pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) cukup diminati oleh warga India. Sejak tahun 2013 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi telah membuka kelas BIPA dan sejak tahun 2015 mulai dilakukan kerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap tahun jumlah peminat kursus ini selalu bertambah. Pemelajar BIPA di India pada beberapa kesempatan melakukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan kata atau pengucapan fonem-fonem bahasa Indonesia. Berpijak dari hal tersebut, penelitian ini akan membahas fenomena yang terjadi selama kegiatan pembelajaran di kelas BIPA, khususnya yang terkait teks tulisan pemelajar yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemelajar BIPA di India. Fokus penelitian ini adalah mengkaji proses perubahan fonem dari sudut pandang morfofonemik yang mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Ramlan (2009) bahwa proses morfofonemik dalam bahasa Indonesia terdapat tiga proses (1) perubahan fonem, (2) penambahan fonem, dan (3) pelesapan fonem. Akan tetapi, pada penelitian ini dibatasi hanya pada aspek perubahan fonem. Objek penelitian ini adalah teks tulisan pemelajar BIPA India. Penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat dalam pengumpulan data, serta teknik analisis data dengan menggunakan metode padan referensial dengan teknik dasar daya pilah sebagai pembeda referen, serta teknik hubung banding memperbedakan. Penelitian ini dilakukan pada periode Mei—Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa tulis pada teks yang dibuat oleh pemelajar BIPA (tingkat A1, A2, dan B1) di kelas BIPA KBRI New Delhi terdapat beberapa kesalahan. Pemelajar memiliki kecenderungan melakukan kesalahan dalam penulisan kata dengan mengubah fonem vokal dan fonem konsonan tertentu. Kesalahan-kesalahan tersebut, antara lain perubahan fonem /a/ menjadi fonem /e/, perubahan fonem /a/ menjadi fonem /ya/, perubahan fonem /e/ menjadi fonem /a/, perubahan fonem /e/ menjadi fonem /o/, perubahan fonem /k/ menjadi fonem /p/, perubahan fonem /j/ menjadi fonem /z/, dan perubahan fonem /n/ menjadi fonem /ng/. Pemelajar cenderung melakukan kesalahan-kesalahan tersebut karena dipengaruhi beberapa faktor, misalnya (1) perbedaan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari, (2) kesulitan artikulasi atau pelafalan kosakata bahasa Indonesia, dan (3) bahasa lisan yang terbawa ke dalam bahasa tulis. Kesalahan tersebut dapat diperbaiki dengan memberi latihan dan pemahaman secara intensif, tidak hanya dalam konsep, tetapi juga praktik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi atau sebagai langkah awal untuk menerapkan pengajaran tata bahasa yang lebih baik.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles