PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATERI DAN KEGIATAN INTERAKTIF DALAM MATA KULIAH SPEAKING YANG DILAKUKAN SECARA DARING

Authors

  • Wuryani Hartanto Unika Soegijapranata Semarang

Keywords:

Persepsi, Materi, Kegiatan, Interaktif, Daring

Abstract

Perkuliahan daring terpaksa harus dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini oleh karena pertemuan tatap muka dengan mahasiswa tidak lagi dapat dilakukan sehubungan dengan protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. Mengadakan proses belajar mengajar secara daring bukanlah sesuatu yang mudah karena banyak kendala yang dihadapi seperti tidak adanya koneksi internet pada sebagian kediaman mahasiswa yang menyebabkan mereka terpaksa harus membeli kuota internet sendiri dan ini berarti menambah pengeluaran ekstra. Ketidak stabilan koneksi internet juga sering menyebabkan suara tidak jelas terdengar atau bahkan putus di tengah perkuliahan. Salah satu mata kuliah yang terdampak dengan situasi ini adalah mata kuliah Speaking yang dalam Kurikulum Fakultas Bahasa dan Seni diberikan secara berjenjang selama 6 semester berturut turut. Penelitian ini terkait dengan mata kuliah Speaking for the Professionals yang diberikan pada semester 5 dan bertujuan membekali mahasiswa dengan pola komunikasi formal di dunia kerja dalam berbagai bidang profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah Speaking for the Professionals utamanya tentang materi dan kegiatan interaktif yang diberikan secara daring. Pembelajaran mata kuliah Speaking di FBS pada dasarnya mengacu pada Kompetensi Komunikatif (Communicative Competence) yang diperkenalkan oleh Dell Hymes (Brown, 1989) dan didefinisikan sebagai aspek Komunikasi yang memampukan kita untuk menyampaikan pesan, menginterpretasikan serta menegosiasikan nya dalam konteks tertentu. Responden penelitian ini adalah 47 mahasiswa yang sudah menyelesaikan mata kuliah Speaking for the Professionals. Mereka diminta untuk mengisi E Questionnaire yang hasilnya kemudian diolah dengan SPSS 20. Selain itu juga dilakukan E interviews dengan 6 responden yang hasilnya dipakai untuk melengkapi data yang diperoleh dari kuesioner. Secara umum penelitian ini dapat mengungkapkan persepsi mahasiswa baik positif maupun negatif terhadap perkuliahan daring Speaking for the Professionals.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles