PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMK

Authors

  • Stella Talitha Universitas Pakuan
  • Sandi Budiana Universitas Pakuan
  • Aam Nurjaman Universitas Pakuan
  • Vickry Fadillah Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.25170/kolita.v23i23.7178

Keywords:

e-modul, teks negosiasi, pembelajaran menulis

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tantangan tersendiri karena karakteristik siswa yang lebih berorientasi pada keterampilan praktis dibandingkan teori. Salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai siswa SMK adalah kemampuan berbahasa, baik lisan maupun tulisan, untuk menunjang komunikasi profesional di dunia kerja. Salah satu jenis teks yang krusial dikuasai adalah teks negosiasi, mengingat negosiasi merupakan keterampilan vital dalam dunia bisnis, penyiaran, perdagangan, dan berbagai sektor industri lainnya. Namun, pembelajaran teks negosiasi di SMK sering kali terkendala bahan ajar yang kurang interaktif dan kurang kontekstual dengan kebutuhan dunia kerja. Buku teks konvensional belum sepenuhnya memenuhi karakteristik pembelajaran abad ke-21 yang menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Selain itu, rendahnya minat baca serta dominasi metode pembelajaran ceramah membuat siswa kesulitan memahami struktur dan strategi bernegosiasi secara efektif. Digitalisasi pembelajaran melalui pengembangan e-modul menjadi salah satu solusi inovatif untuk menjawab permasalahan tersebut. E-modul menawarkan fleksibilitas akses, penyajian materi yang lebih menarik melalui media teks, gambar, dan interaktifitas, serta memungkinkan siswa belajar secara mandiri sesuai dengan ritme mereka. Dengan memanfaatkan teknologi, e-modul dapat menyajikan contoh-contoh negosiasi nyata yang relevan dengan dunia kerja, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan aplikatif. Pengembangan e-modul teks negosiasi ini didasarkan pada kebutuhan aktual di lapangan. Hasil analisis kebutuhan siswa kelas X Broadcasting di SMK Generasi Madani Cibinong menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa kesulitan memahami teks negosiasi dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Mereka membutuhkan media pembelajaran yang lebih modern, interaktif, dan praktis untuk mendukung keterampilan berbahasa mereka, khususnya dalam menulis teks negosiasi yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan e-modul teks negosiasi yang tidak hanya layak dan efektif secara akademik, tetapi juga relevan dengan kebutuhan siswa SMK untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang menuntut kecakapan berkomunikasi yang adaptif dan profesional.

Downloads

Published

2025-09-18