Pendampingan UMKM dalam Transformasi Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing: Studi pada Toko Kosmetik Luxolla
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v9i2.7184Keywords:
usaha mikro kecil dan menengah, pemasaran digitalAbstract
Luxolla adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor kosmetik dan perawatan kulit, mulai didirikan pada tahun 2023 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tantangan utama yang dihadapi usaha ini meliputi ketiadaan elemen identitas visual seperti logo, serta belum optimalnya strategi pemasaran secara digital. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan fokus pada pembuatan desain logo dan pelatihan terkait pemasaran digital, termasuk pembuatan konten serta pengelolaan toko daring (e-commerce). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup survei awal, penyampaian materi melalui presentasi, diskusi partisipatif, serta pendampingan langsung dalam proses desain. Pelatihan digital marketing diberikan agar Luxolla mampu memaksimalkan pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce secara lebih efektif. Luaran kegiatan ini adalah desain logo baru serta peningkatan pemahaman dan keterampilan pemilik usaha dalam mempromosikan produk secara online.Program ini diharapkan dapat memperkuat daya saing Luxolla di pasar dan turut mendorong pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.
References
Afira, R., & Marta, W. (2021). Sosialisasi desain visual brand identity friendly bagi usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Majalah Ilmiah UPI YPTK, 54-59.
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674-681.
Anggraeni, D., Triany, N. A., Apriyanto, A., & Sutresna, A. (2025). Komunikasi Korporat: Seni dan Strategi Membangun Citra Perusahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Budihardja, L., & Sitinjak, T. (2022). Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pada Konsumen Sepatu Nike Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(2), 1-8.
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.
Hariyono, R. C. S., Kom, M., Khasanah, M. A., Nursetyo, A., Kom, M., Hartati, S., & Prasetyono, R. N. (2024). Praktikal Untuk Berwirausaha Pemula dan Strategi Branding Produk. Wawasan Ilmu.
HUB UMK (2025). Wajah bisnis Anda: Mengapa logo penting? HUB UMK Banjarbaru. Diakses pada 12 Juli 2025, dari https://hubumk-banjarbaru.id/wajah-bisnis-anda-mengapa-logo-penting/
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan branding dan packaging UMKM ikatan pengusaha Aisyiyah di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32-36.
Mega Utami, C., Sri, M. A., & Hastuti, W. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Batik Ecoprint dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Syamsinar Tulungagung. JURNAL ECONOMINA, 3(7). https://doi.org/10.55681/economina.v3i7.1405
Rahmawati, D., & Kusniawati, A. (2020). Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 38-48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Wayan Adelia Mutiara Asri, Tifani Dame Hasany, Dinis Cahyaningrum, Dhanny Safitri, Isra Dewi Kuntary Ibrahim, Lale Puspita Kembang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.