INDUSTRI PANGAN, JAJANAN SEKOLAH, DAN TANGGUNG JAWAB MELINDUNGI KONSUMEN

Authors

  • Febiana Rima Fakultas Hukum Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia
  • Rodemeus Ristyantor Fakultas Hukum, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/paradigma.v2i01.1759

Keywords:

jajanan sekolah, konsumen anak, perlindungan hukum, kewajiban moral, masalah etis.

Abstract

Tulisan ini berfokus pada tanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada konsumen anak, terutama anak-anak sekolah dasar, yang menjadi sasaran dari produk jajanan sekolah. Anak-anak sebagai konsumen belum memiliki kemampuan untuk menentukan pilihannya yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang bijaksana sehingga ketidakmampuan itu menimbulkan kewajiban kepada orang dewasa di sekitar anak untuk memberikan
perlindungan. Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen sudah mengundangkan UU No.8 tahun 1999 mengenai Perlindungan terhadap konsumen. Undangundang ini dalam implementasinya masih menunjukkan ketidakefektifannya karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui UU tersebut. Di sisi lain pengetahuan dan kepedulian orang tua menyangkut perlindungan terhadap anak dalam hal jajanan sekolah masih rendah. Perlindungan terhadap anak menjadi hal yang harus segera mendapatkan perhatian karena anak-anak adalah generasi penerus yang akan menentukan manusia Indonesia di masa depan.

 

 

References

K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis, Seri Filsafat Atma Jaya: 21, Penerbit Kanisius, 2000.
http://www.economywatch.com/world-industries/food-industry.html, ditelusuri tanggal 7 Februari 2016.
Ng M, Fleming T, Robinson M, Thomson B, Graetz N, Margono C, et al. Global, regional,and national prevalence of overweight and obesity in children and adults during
1980–2013: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2013.
Lancet. 2014 Aug 30;384(9945):766–81. http://dx.doi.org/10.1016/S01406736(14)60460-8 pmid:24880830).
http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/pers/86/Dengan-Gerakan-Menuju-Obat-danMakanan-yang-Aman--Kita-Tingkatkan-Kesehatan-Masyarakat-yangBerkeadilan.html, ditelusuri tanggal 7 Februari 2016.
Muhammad Yunus, Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan, Bagaimana Bisnis Sosial Mengubah Kehidupan Kita, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008, hal
19.

Downloads

Published

2017-04-28
Abstract views: 84 | PDF downloads: 107