PELATIHAN E-COMMERCE BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM BERADAPTASI DENGAN PERKEMBANGAN INDUSTRI 4.0

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yoko Tristiarto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

e-commerce, UKM, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Kehadiran era Revolusi Industri keempat sudah tidak dapat dielakkan lagi. Era Revolusi Industri 4.0 berdampak pada UKM sebagai pembangun sektor ekonomi. Industri 4.0 mengacu pada konsep penggunaan internet of things serta smart and cloud based manufacturing. Perubahan revolusi industri dihadapi dengan Making Indonesia 4.0 dengan salah satu prioritasnya adalah pemberdayaan UKM. Salah satu kendala pelaku UKM adalah pemasaran, keterampilan manajerial, dan penggunaan teknologi sehingga diperlukan sebuah kesiapan UKM dalam menghadapi Industri 4.0. Dalam upaya mengembangkan indutri kecil dan menengah, kelemahan-kelemahan tersebut harus diatasi. Menyadari akan permasalahan tersebut, diadakan pelatihan e-commerce bagi UKM Kecamatan Cipayung, Kota Depok, yang diharapkan mampu menambah pengetahuan dalam hal pemasaran bisnis melalui internet marketing (e-commerce) serta dapat memotivasi para UKM untuk menjalankan usahanya secara profesional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan e-commerce. Hasilnya menyatakan banyak pelaku UKM berusia muda mampu beradaptasi dan menangkap peluang perkembangan masa kini dan permintaan pasar. Maka dapat disimpulkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini telah mampu memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan penyegaran dan tambahan wawasan serta pengetahuan baru di bidang teknologi informasi.

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 141 | : 189