Penerapan Konseling Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa SMA di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5009Keywords:
konseling akademik, motivasi berprestasiAbstract
Kondisi sebagian siswa SMA Negeri X mengalami persoalan terkait dengan rendahnya motivasi berprestasi, padahal mereka berasal dari siswa-siswi yang berprestasi akademik terbaik Ketika di SMP. Namun, ketika mereka telah menjadi siswa SMA Negeri X justru mengalami penurunan motivasi berprestasiya. Demikian pula, kegiatan PkM ini berupaya untuk menerapkan konseling akademik untuk menumbuhkembangkan motivasi berprestasi pada siswa SMA X di Jakarta. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan pretesand postesone-group. Sebelum mengikuti kegiatan, para peserta mengisi kuesioner. Demikian pula, setelah kegiatan penyampaian materi, peserta juga diminta untuk mengisi kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji rerata setiap peserta PkM dan dibandingkan antara pretes dan postes. Hasilnya diketahui bahwa ada perbedaan signifikan antara total skor pretes (88,8: 36 = 2,46) dengan total skor postes (92,2:36 = 2,56). Nilai postes lebih tinggi daripada nilai skor pretes (rerata total pretes< rerata total postes). Artinya, terjadi peningkatan skor pretes ke postes sebesar 0,1 (2,56–2,46=0,1). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling akademik dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA Negeri X Jakarta.
Downloads
Published
License
Copyright (c) 2023 Agoes Dariyo, Dira Firliana, Ezra Andrianputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.