SUPERVISI PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU SMAN 111, DI PENJARINGAN, BANDENGAN, JAKARTA UTARA

Authors

  • Keni Keni Universitas Tarumanagara
  • Widya Risnawaty Universitas Tarumanagara
  • Lerbin R. Aritonang R Universitas Tarumanagara
  • Shirly Gunawan Universitas Tarumanagara

Keywords:

penelitian tindakan kelas, SMA Negeri 111

Abstract

Untuk menunjang profesionalitas. seperti yang diatur dalam Lampiran
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, para guru diharapkan dapat melakukan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan PKM ini merupakan lanjutan dari kegiatan
PKM sebelumnya. Pada kegiatan PKM sebelumnya, para guru hanya diberikan
pelatihan mengenai penelitian tindakan kelas. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat
memberikan supervisi dan pendampingan kepada guru-guru SMAN 111 untuk
melakukan penelitian tindakan kelas. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam empat
tahapan. Tahapan awal dilakukan dalam kelompok besar membahas judul penelitian
dan penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas. Tahap kedua melakukan
supervisi untuk penyusunan Bab I (Pendahuluan) dan Bab II (Tinjauan Pustaka).
Selanjutnya, tahap ketiga, melakukan supervisi untuk penyusunan Bab III (Metode
Penelitian). Tahap akhir adalah pembahasan terhadap ringkasan proposal penelitian
tindakan kelas guru SMA Negeri 111. Supervisi pelaksanaan penelitian tindakan kelas
pada guru SMA Negeri 111 diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru untuk
melakukan penelitian PTK, yang pada akhirnya akan menunjang kenaikan pangkat
guru tersebut. Luaran akhir kegiatan PKM ini adalah: (a) modul Pelatihan Penelitian
Tindakan Kelas; (b) dilakukannya supervisi bertahap dalam pembuatan proposal
penelitian tindakan kelas, (c) dihasilkannya ringkasan proposal penelitian tindakan
kelas dari guru-guru SMAN 111.

Published

2019-12-19

Issue

Section

Articles
Abstract views: 64 | : 117