TRANSAKSI https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi <p>TRANSAKSI merupakan jurnal ilmiah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang diterbitkan pertama kali secara cetak pada&nbsp;September 2008 (SK No. 0005.30/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.09).&nbsp; Jurnal TRANSAKSI terbit 2 kali dalam setahun di bulan Juni dan Desember.</p> <p><strong>Fokus dan Ruang Lingkup&nbsp;</strong></p> <p>Transaksi menerbitkan artikel/tulisan berupa hasil&nbsp;penelitian, baik penelitian empiris maupun teoretis, di ranah Ilmu Administrasi Bisnis yang&nbsp;meliputi:</p> <p><strong>1. Kajian bisnis dan kewirausahaan</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang <em>start up</em> bisnis baru, usaha mikro, kecil dan menengah.</p> <p><strong>2. Kewirausahaan sosial</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang kewirausahaan sosial dan&nbsp;<em>corporate social responsibility .&nbsp;</em></p> <p><strong>3. Sumber daya insani</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang pengelolaan <em>human capital </em>di organisasi bisnis.</p> <p><strong>4. Bisnis internasional</strong> - Kajian dengan objek penelitian perspektif bisnis global.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US kurnianing.iso@atmajaya.ac.id (Kurnianing Isololipu) pristiana.widyastuti@atmajaya.ac.id (Pristiana Widyastuti) Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SNEAKERS NEW BALANCE PADA GENERASI Z https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6364 <p>Industri fashion merupakan bidang usaha yang terus berkembang secara cepat dari waktu ke waktu dan memicu perkembangan ekonomi di Indonesia. New Balance merupakan perusahaan multinasional dalam industri fashion yang dikenal karena kualitas dan desainnya yang inovatif, menawarkan berbagai produk sepatu olahraga yang cocok untuk gaya berpakaian sehari-hari maupun gaya aktif. Penelitian dilakukan pada kalangan Generasi Z yang lahir antara tahun 1996-2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel social media marketing dan preferensi merek terhadap variabel keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksplanatif. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan preferensi merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> Andrew Sean Arelian, Antonius Widi Hardianto Copyright (c) 2025 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6364 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100 PENGARUH SOFT SKILL, HARD SKILL, DAN PENGALAMAN ORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA FIABIKOM ANGKATAN 2020-2023 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6365 <p>Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi manusia dan menjadi sarana utama<br>dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Di Indonesia, perguruan tinggi bertujuan<br>menghasilkan lulusan yang siap bekerja. Namun, era globalisasi dan ketidakselar asan antara sistem<br>pendidikan dan tuntutan dunia kerja meningkatkan angka pengangguran lulusan perguruan tinggi.<br>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel sosoft skill , hard<br>skill , dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada<br>mahasiswa Fiabikom Angkatan 2020 2023 yang melibatkan 85 responden. Penelitian ini<br>menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini melibatkan<br>penggunaan uji normalitas, uji regresi linear berganda, dan analisis koefisien determinasi untuk<br>menganalisis data yang dikumpulkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill ,<br>hard skill , dan pengala man organisasi berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Lalu kesiapan<br>kerja dipengaruhi sebesar 75.7% oleh soft skill, hard skill, dan pengalaman organisasi. Sementara 24.3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> Elsa Lydia Samanta Sitorus, Ati Cahayani Copyright (c) 2025 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6365 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100 PENGARUH KUALITAS LAYANAN (SERVQUAL) DAN MUTU PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SUBWAY DI PROVINSI DKI JAKARTA https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6366 <p>Persaingan internasional saat ini ditandai dengan maraknya bisnis secara global di berbagai belahan dunia. Perkembangan tren yang begitu cepat turut serta melibatkan bisnis dalam bidang industri kuliner. Bisnis di industri kuliner kian terus bertambah seiring dengan permintaan konsumen yang meningkat. Subway menjadi perusahaan yang memanfaatkan peluang tersebut dengan terus memberikan pelayanan yang berkualitas agar para pelanggan dapat merasakan pengalaman mengesankan dengan kenyaman yang didapat. Selain itu, keinginan konsumen yang bermacam-macam dimanfaatkan oleh Subway untuk dapat menyajikan produk yang bermutu agar para pelanggan dapat merasakan keistimewaan dalam produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari kualitas layanan (servqual) dan mutu produk terhadap kepuasan pelanggan Subway di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang melibatkan 97 responden dengan teknik analisis deskriptif melalui SPSS Statistics 29. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (servqual) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan mutu produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan (servqual) dan mutu produk merupakan cara yang menarik pelanggan terhadap kepuasan akan produk yang digunakan.</p> Michael Efraem Christianto Ramli, Pristiana Widyastuti Copyright (c) 2025 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6366 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100 ANALISIS RISIKO DAN PELUANG RANTAI PASOK GLOBAL INDUSTRI MINYAK DAN GAS INDONESIA https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6367 <p>Rantai pasok migas Indonesia rawan terpapar dinamika pasar global<br>dan domestik .<br>Pandemi COVID 19 Perang Ukraina Rusia , serta kondisi produksi dalam negeri memberikan risiko<br>disrupsi pada tiap lini rantai pasok. Bagaimana PT Pertamina Patra Niaga merespon dinamika ini?<br>Penelitian ini bertujuan untuk memahami risiko, peluang, dan situasi rantai pasok PT Pertamina<br>Patra Niaga dalam lingkup rantai pasok migas global. Penelitian ini menggunakan pendekata n<br>kualitatif, menggunakan metode analisis studi kasus serta wawancara mendalam purposive<br>sampling . Penelitian ini menemukan, PT Pertamina Patra Niaga menghadapi 4 risiko: operasional,<br>finansial administratif, polit ik ekonomi, dan potensial. Dalam hal peluang, contoh metode PT<br>Pertamina Patra Niaga mencari dan menemukan peluang antara lain melaksanakan strategic<br>procurement management yang terhubung antara subholding PT Pertamina lainnya , melakukan<br>pendaftaran supplier domestik maupun luar negeri secara digital secara transparan , melakukan<br>peningkatan teknologi untuk menekan biaya dan meningkatkan kualitas penjualan , dan melakukan<br>pemasaran produk di area berpotensi keuntungan besar seperti bunker trading di Selat Mal aka.<br>Sementara itu, PT Pertamina Patra Niaga telah sukses me manfaatkan peluang melalui<br>pengembangan produksi katalis untuk mengurangi ketergantungan global, serta memangkas<br>pengeluaran untuk transportasi dan penyimpanan produk dengan menerapkan sistem Supplier Held<br>Stock</p> Tara Adhyatma Putri, Rosdiana Sijabat Copyright (c) 2025 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6367 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100 STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MERK PADA SALON KAYLA BEAUTY LASH https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6368 <p>Salon Kayla Beauty Lash merupakan salon kecantikan yang menerapkan strategi pemasaran digital menggunakan media sosial. Konten media sosial yang dibuat salon Kayla Beauty Lash bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merk serta menarik minta konsumen untuk melakukan treatment di salon Kayla Beauty Lash. Jiwa kewirausahaan yang dimiliki pemilik salon juga di implementasikan dalam menjalankan bisnis nya sehingga jiwa kewirausahaan bisa muncul di dalam diri customer yang melakukan treatment di salon Kayla Beauty Lash.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merk pada Salon Kayla Beauty Lash dan ingin membuktikan apakah strategi pemasaran media sosial terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran merk dan mempengaruhi keputusan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini merupakan customer salon yang sering melakukan treatment bulu mata kurang lebih 2 bulan sekali dan karyawan salon. Responden yang diperoleh adalah 9 responden, terdiri dari 5 customer dan 4 karyawan. Analisis data penelitian dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif dan diuji dengan metode triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan pemasaran digital menggunakan platform media sosial terbukti dapat meningkatkan kesadaran merk salon Kayla Beauty Lash secara efektif sehingga pendapatan salon juga ikut meningkat. Audiens yang pertama kali mengetahui keberadaan salon melalui instagram langsung memutuskan untuk melakukan treatment dikarenakan citra salon yang positif dan adanya testimoni atau review positif yang diberikan customer lain yang sudah mencoba salon Kayla Beauty Lash di instagram. Hal ini secara efektif mempengaruhi calon customer sehingga memutuskan untuk melakukan treatment di salon Kayla Beauty Lash.</p> Imanuel Kevin Mahardika Wibowo, Eko Widodo Copyright (c) 2025 https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/6368 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0100