PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF

STUDI KASUS PADA DIVISI ACCOUNTING & MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DI BANK SWASTA INTERNATIONAL, TBK

  • Fernando Setiadi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Lamtiur Hasianna Tampubolon Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Efektif, Modal Manusia dan Organisasi

Abstract

Bank merupakan sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak. Kecerdasan emosional mencerminkan bagaimana pengetahuan diaplikasikan dan dikembangkan sepanjang hidup seseorang. Pemimpin yang baik adalah yang mempunyai kecerdasan emosional, yang mampu memahami dampak perilaku personal mereka terhadap orang-orang yang ada di dalam organisasinya. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap kepemimpinan seseorang, karena kepemimpinan yang efektif adalah yang mempunyai empat elemen kecerdasan emosional yaitu: kesadaran diri; manajemen diri; kesadaran sosial dan manajemen hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepemimpinan efektif di Bank Swasta International, Tbk. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh di mana semua anggota populasi pada Divisi Accounting & Information Management System di Bank Swasta International, Tbk digunakan sebagai sampel. Jadi jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 32 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner dengan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan efektif sebesar 46,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti misalnya manajemen emosi, pemimpin yang tegas, pemimpin yang mengajarkan.

References

Anindya, R. (2011). Pengaruh Komitmen Keorganisasian dan Kecerdasan Emosional Karyawan Terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Departemen Unit X Kompas Gramedia. (Tesis). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Book, H. E. (2002). Ledakan EQ: 15 prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses Bibliografi (Terjemahan). Bandung: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Danudiredja, E., & Sugandi. (2018). Perspektif Kepemimpinan Ideal. Yogyakarta: Deepublish.
Drucker, P. F. (1979). Manajemen: tugas, tanggung jawab dan praktek. (Terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia.
Eims, L. (1994). 12 Ciri Kepemimpinan yang Efektif. (Terjemahan). Bandung: Kalam Hidup.
Fauzi, D. (2007). Kepemimpinan Efektif. Jakrta: Restu Agung.
Fitriastuti, T. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/viewFile/2753/2813
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, Ivancevich, & Donnely. (1987). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Edisi kelima. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosional. (Terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gordon, T. (1994). Kepemimpinan yang Efektif. Cetakan ke-3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hawari, D. (2006). IQ, EQ, CQ & SQ kriteria sumber daya manusia (pemimpin) berkualitas. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia.
Hidayati, R., Purwanto, Y., & Yuwono, S. (2008). Kecerdasan Emosi, Stress Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Indriyatni, L. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kepemimpinan dan Organisasi. ejournal.stiepena.ac.id: http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/view/65
Kadarman, & Udaya. (1992). PengantaR ilmu Manajemen: buku panduan mahasiswa. Jakarta: A. A. Bakelma Vitgevers B. V.
Khoironi, K. L. (2016). eprints.umm.ac.id. Retrieved Mei 5, 2020, from eprints.umm.ac.id: http://eprints.umm.ac.id/22647/
Kossen, S. (1986). Aspek Manusiawi dalam Organisasi. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Likert, R. (1986). Organisasi Manusia: nilai dan manajemen. Edisi Baru (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survai. Edisi Revisi. Cetakan ke-18. Jakarta: LP3ES.
Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Cetakan ke-5. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Siregar, S. (2017). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Stoner, J. A. (1986). Manajemen. Jilid II. Edisi Kedua. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan keenam. Bandung: Alfabeta.
Sutanto, & Stiawan. (2000). jurnalmanajemen.petra.ac.id. Retrieved Oktober 21, 2019, from petra.ac.id: http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15601/1559
Published
2020-05-29
Section
Research Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times