Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck

Authors

  • Sarah Vivian Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Brand Image, Keputusan Pembelian, Gaya Hiduptarbucks, Keputusan Pembelian, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Image terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z Starbucks dan mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Hidup Hedonis terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z Starcbucks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Brand Image (X₁), Gaya Hidup Hedonis (X₂) dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online. Sampel penelitian sebanyak 100 orang responden yang pernah melakukan pembelian produk Starbucks di wilayah Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan kuota sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Image (X₁) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), kemudian variabel Gaya Hidup Hedonis (X₂) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

References

A.A Ngurah Dianta Esa Negara,, Zainul Arifin, Inggang Perwangsa Nuralam (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei pada Pembeli di Gerai Starbucks di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 61 No. 2 Agustus 2018.
Desita Ratna Dewi, Sri Hartono, dan Istiqomah. Pengaruh Iklan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Probiotik Merek Yakult (Studi Kasus Pada Konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen, UNIBA, Surakarta.
Firda Ridhania (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Gaya Keputusan Konsumen Pada Produk Starbucks. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Vol. 1, No.1, Oktober 2012.
Frankel, J. P. & Wallen N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in. Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc
Keller & Kotler. (2006). Marketing Management. New Jersey: Pearson International Edition.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 3147 | PDF downloads: 4254