ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA TIMEZONE BANDUNG INDAH PLAZA

Authors

  • Daniel Hermawan Universitas Katolik Parahyangan
  • Yoke Pribadi Kornarius Universitas Katolik Parahyangan

Keywords:

promosi penjualan, loyalitas pelanggan, Timezone Bandung Indah Plaza

Abstract

Kompetisi yang ketat antar pemain bisnis arena bermain membuat tingkat loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza mengalami penurunan yang signifikan. Promosi penjualan “Bonus Saldo Up To 100%” menjadi solusi yang dipilih Timezone Bandung Indah Plaza karena dianggap mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, sekaligus mengukuhkan kembali Timezone sebagai market leader di industri arena bermain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan “Bonus Saldo Up To 100%” terhadap tingkat loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui survei dan jenis penelitian tergolong eksplanatif. Data diolah dengan teknik analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan “Bonus Saldo Up To 100%” terhadap tingkat loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza.

Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil bahwa efektivitas promosi penjualan “Bonus Saldo Up To 100%” tergolong tinggi dengan nilai 4,04. Sementara itu, tingkat loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza juga tergolong tinggi dengan nilai 3,60. Diperoleh juga persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 16,266 + 0,879X yang berarti setiap peningkatan promosi penjualan sebesar 1 akan meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 0,879. Nilai koefisien determinasi atau R square sebesar 0,399 atau 39,9%. Hal ini menunjukkan bahwa promosi penjualan memberikan kontribusi terhadap loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza sebesar 39,9%. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,631 yang tergolong dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara promosi penjualan “Bonus Saldo Up To 100%” dengan loyalitas pelanggan Timezone Bandung Indah Plaza.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Bethel, K. S. (2009). The Valuation of Amusement Parks and Family Entertainment Center Operations. Mattatall Press.
Dewi, N. K. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Mengunakan Vaseline Hand And Body Lotion di Kota Padang. Padang Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2, 11-29.
Egan, J. (2015). Marketing Communication. London: SAGE Publications Ltd.
Eriyanto. (2013). Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Griffin, J. (2010). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hanafie. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hanafie. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Lestari, A. A. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya). Surabaya: UPN.
Malhotra, N. K. (2012). Basic Marketing Research: Integration of Social Media. Jakarta: PT Index.
Neuman, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: PT Indeks.
Neuman, W. L. (2015). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.
Omotayo, O. (2011). Sales Promotion and Consumer Loyalty: A Study of Nigerian Telecommunication Industry. Journal of Competitiveness Issue 4.
Pi, W. P., & Huang, H. H. (2011). Effects of Promotion on Relationship Quality and Customer Loyalty in the Airline Industry: The Relationship Marketing Approach. African Journal of Business Management Vol. 5 (11), 4403-4414.
Singarimbun, P. H., & Manning, C. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Sorce, P. (2002). Relationship Marketing Strategy. New York: Printing Industry Centre.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Timezone Indonesia. (2019, April 11). Retrieved from https://www.timezonegames.com/id-id
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tung, G. S., Kuo, C. J., & Kuo, Y. T. (2011). Promotion, Switching Barriers, and Loyalty. Australian Journal of Business and Management Research, 30 – 44.
Wijaya, H. (2017, Desember 3). Swara. Retrieved from 5 Tren Bisnis di Bandung dengan Segmen Anak Muda yang Bisa Kamu Coba: https://swara.tunaiku.com/finansial/5-tren-bisnis-di-bandung-dengan-segmen-anak-muda-yang-bisa-kamu-coba

Downloads

Published

2019-05-16

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 331 | PDF downloads: 306