JAKARTA CITY IMAGE: A TOURISM STAKEHOLDERS PERCEPTIONS

Authors

  • Astuti Kusumawicitra Laturiuw Unika Atma Jaya

Keywords:

citra kota, persepsi, pemerekan

Abstract

Perubahan cepat terjadi di beberapa bidang di seluruh dunia, khususnya di bidang ekonomi,
politik, dan teknologi. Dan tidak terkecuali, industri pariwisata juga merupakan salah satu
industri yang paling cepat berkembang. Setiap destinasi wisata harus meningkatkan upaya
mereka dalam menemukan keunikan dan menawarkannya ke pasar sebagai salah satu aset
untuk mengembangkan kemampuan ekonomi mereka dan menjadi pemenang di pasar yang
sangat kompetitif. Keunikan yang ditawarkan oleh destinasi wisata 'tidak mudah ditemukan.
Butuh waktu untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan keunikan sebuah kota. Penelitian ini
akan mengindentifikasikan persepsi saat ini mengenai kota Jakarta dilihat dari segi pandang
pemangku kepentingan di dalam sektor pariwisata di Jakarta dan juga dapat mengidentifikasi
kelemahan dan kekuatan di dalam gambaran tersebut serta membantu pengembangan ‘brand’
kota. Penelitian ini menggunakan kuesioner berbasis web dalam mengumpulkan data.
Kuesioner ini diberikan kepada kolega internal yang dilihat sebagai pemangku kepentingan di
sektor pariwisata di Jakarta.

References

Braun E. (2011) Putting City Branding
into Practice. Journal of Brand
Management, Vol 19, 4, 257 – 267.
Donald, S. H. & Gammack, J. G. (2007)
Tourism and the Branded City: Film
and Identity on the Pacific Rim.
Ashgate Publishing Limited:
Hampshire.
Girish, N. (2012) Jakarta Fuses Heritage
with Touristic Delights. Available
from
http://www.citymayors.com/marketin
69
g/jakarta-brand.html [accesed from
21/2/13]
Hashim, A. (2012) Branding the Brand
New City: Abu Dhabi, Travelers
Welcome. Place Branding and Public
Dipolomacy, Vol. 8, 1, 72 – 82.
Lynch, K. (1960) The Image of the City.
Cambridge: MIT Press.
Mumbrella (2012) Sydney’s is Region
Third Strongest City Brand,
Melbourne is fifth – Marketer Survey
[WWW] mumBRELLA. Available
from:
http://mumbrella.com.au/sydney-is-
regions-third-strongest-city-brand-
melbourne-is-fifth-marketer-survey-
114847 [Accessed 28/02/13].
Schuerkens, U. (ed.) (2008) Globalization
and Transformations of Local Socio-
Economic Practices. Routledge:
Oxon.
UNWTO (n.d) Why Tourism [WWW]
World Tourism Organization
UNWTO. Available from:
http://www2.unwto.org/en/content/w
hy-tourism [Accessed 28/02/13].

Downloads

Published

2019-07-22

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 29 | PDF downloads: 27