PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RASIO PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN TERBUKA YANG TERCATAT DALAM INDEKS SRI KEHATI DI BEI PADA PERIODE 2010 - 2020

Penulis

  • Y.B. Suhartoko Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Leonardus Herjuno Perwiro Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/jak.v17i1.3318

Kata Kunci:

CSR, ROE, COMPANY VALUE, CORPORATE VALUE, SRI KEHATI, GREEN INDEX

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap CV, menganalisis pengaruh profitabilitas dan menganalisis pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara CSR dan CV. Penelitian ini menggunakan analisis data panel 9 emiten yang masuk dalam indeks SRI-Kehati dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2020. Dalam penelitian ini CSR secara parsial tidak berpengaruh terhadap CV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika berinteraksi dengan CSR, ROE akan mempengaruhi hubungan antara CSR dan CV secara signifikan dan positif. Dengan kata lain dapat juga disimpulkan bahwa profitabilitas (ROE) dapat memoderasi hubungan antara CSR dan CV. Dengan demikian, CSR tidak secara langsung mempengaruhi CV; diperlukan faktor pendukung lainnya seperti ROE untuk mempengaruhi CSR agar dapat mempengaruhi CV.

Referensi

Alamgir, M., & Uddin, M. N. (2017). The Mediating Role of Corporate Image on the Relationship between Corporate Social Responsibility and Firm Performance: An Empirical Study. International Journal of Business and Development Studies, 9, 91-111.

Alfiah, N., & Diyani, L. A. (2017). PENGARUH ROE DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN. Jurnal Bisnis Terapan, 01(02).

Alipudin, A., & Oktaviani, R. (2016). PENGARUH EPS, ROE, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BEI. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 2, 1-22.

Anak Agung Dewi Hendrayani, N. L. (2017). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM: PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6.11, 3765-3794.

Arifianto, M., & Chabachib, M. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT , 5, 1-12. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Chung, C. Y., Jung, S., & Young, J. (2018). Do CSR Activities Increase Firm Value? Evidence from the Korean Market. Sustainability , 10. doi:10.3390/su10093164

Febby Susanti, F. M. (2012). The Influence of Corporate Social Responsibility to Firm Value with Profitability and Leverage as Moderating Value.

Harjoto, M. A., & Jo, H. (2011). Corporate Governance and Firm Value: The Impact of Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics , 103:351–383. doi:10.1007/s10551-011-0869-y

Heryanto, R., & Juliarto, A. (2017). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING , 6(4), 1-8. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Horn, R., Klerk, M. d., & Villiers, C. d. (2018). The association between corporate social responsibility reporting and firm value for South African firms. South African Journal of Economic and Management Sciences , 1-10. Retrieved from https://doi.org.10.4102/sajems.v21i1.2236

Hutabarat, A. C., & Siswantaya, I. G. (n.d.). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI.

Irnawati, J. (2019, Januari). PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN (Studi kasus pada Perusahaan Construction and Engineering yang terdaftar di Bursa Efek Singapura). Jurnal Sekuritas, 2, 1-13. Retrieved from jurnalfinance.unpam@gmail.com

Jitmaneeroj, B. (2018). A latent variable analysis of corporate social responsibility and firm value. JEL Classification — M14, G32, L21,44(4), 478-494. doi:10.1108/MF-08-2017-0303

Khanaghah, J. B., Sadeghi, H. A., & Ghadakforoushan , M. (2019). Investigating the Interactive Effect of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on the Firm Value in the Tehran Stock Exchange. Iranian Journal of Management Studies (IJMS), 12(3), 425-450. doi:10.22059/ijms.2019.265155.67330

Kusumaningrum, A. L. (2016). The Effect of Return On Equity (ROE) to Corporate Value with Managerial Ownership as A Moderating Variable (Study at Manufacturing Companies Listed in Indonesia Stock Exchange).

Ni Luh Laksmi Rahmantari, N. W. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha, 6 number 2, 121-129.

Nurlia, & Juwari. (n.d.). PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, EARNING PER SHARE DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA . Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik (e): 2503-4790 | ISSN-Print (p): 2086-1117. Retrieved from http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/geoekonomi

Purbawangsa, I. B., Solimun, S., Fernandes, A. A., & Rahayu, S. M. (2020). Corporate governance, corporate profitability toward corporate social responsibility disclosure and corporate value (comparative study in Indonesia, China and India stock exchange in 2013-2016). SOCIAL RESPONSIBILITY JOURNAL, 16(7), 983-999. doi:10.1108/SRJ-08-2017-0160

Putra, A. A., Kristanti, F. T., & Yudowati, S. P. (2017). THE INFLUENCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ON THE VALUE OF CORPORATE WITH PROFITABILITY AS MODERATING VARIABLES . Empirical Study on the Mining Sector Listed in 2012-2015, 4, 2804.

Putra, P. M., & Juniariani, N. R. (2017). ANALISIS RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi , 7, 2.

Putri Yuliana Mandasari, K. R. (2013). The Influence of Corporate Social Responsibility to Firm Value with Profitability and Leverage as Moderating Value (studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdafatar di BEI Tahun 2010–2012). Jurnal Ekonomi, 21, 1-20.

Rahayu, I., & Anggraeni, D. (2019). Corporate Governance, Corporate Social Responsibility and Firm Value: Economic Value Added as the Intervening Variable. Proceeding of The 3rd International Conference on Accounting, Business & Economics.

Rizki, G. N. (2019). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di ISSI 2016-2018).

Rosdwianti, M. K., AR, M. D., & Z.A, Z. (2016, September). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2). Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Rosiana, G. A., Juliarsa, G., & Sari, M. M. (2013). PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI . E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.3, 723-738.

Setiawati, L. W., & Lim, M. (n.d.). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN SOSIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011--2015. JURNAL AKUNTANSI, 12 (1), 29-57.©Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 12(1), 29-57.

Simanjuntak, B. (2020). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CORPORATE VALUE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI INTERVENING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS SRI KEHATI YANG TERDAFTAR DI BEI 2009 - 2018).

Sondakh, P., Saerang, I., & Samadi, R. (2019, Juli). EFFECT OF CAPITAL STRUCTURE (ROA, ROE DAN DER) ON COMPANY VALUE (PBV) IN PROPERTY SECTOR COMPANIES LISTED ON THE IDX (YEAR 2013-2016). Jurnal EMBA, 7(ISSN 2303-1174 ), 3079-3088.

Susyonugroho, B. (2016, Juni). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJEMEN DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris pada perusahaan pemenang ISRA yang terdaftar dibursa efek Ind.

Taufan Ardiyanto, H. ( 2017). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting, Halaman 1-15.

Taufan Ardiyanto, H. (2017). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING , 6, 1-15. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Teguh Setyo, D. A. (2017). Impact of Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity and Capital Structure On Company Value with Profitability as Moderating Variable.

Wahyuningsih, P., & Widowati, M. (2016, Oktober). ANALISIS ROA DAN ROE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING . Jurnal STIE SEMARANG , 8.

Woo Sung Kim, S. O. (2019). Corporate social responsibility, business groups and financial performance: a study of listed Indian firms (listed on the N.S.E. and B.S.E. from 2010-2015). Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 32:1, 1777-1793. doi:10.1080/1331677X.2019.1637764

Diterbitkan

2023-06-06

Cara Mengutip

Suhartoko, Y., & Perwiro, L. H. (2023). PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RASIO PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN TERBUKA YANG TERCATAT DALAM INDEKS SRI KEHATI DI BEI PADA PERIODE 2010 - 2020. Jurnal Akuntansi, 17(1), 1–22. https://doi.org/10.25170/jak.v17i1.3318
Abstract views: 511 | PDF downloads: 581