ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN SOSIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Authors

  • Loh Wenny Setiawati Unika Atma Jaya, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25170/jara.v12i1.57

Keywords:

profitability, firm size, leverage, social disclosure, corporate value

Abstract

Economic growth that affects the welfare of the people can be pursued by investing. Investors will be interested to invest when the value of the company is high. Corporate value is an important concept for investors, because it is an indicator for the market to assess the company as a whole.  This study aims to examine the effect of profitability, firm size, leverage, and social disclosure of corporate value. This research uses purposive sampling method in conducting sample selection. The statistical method used to test the hypothesis is multiple linear regression analysis. This study uses 81 manufacturing industry companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2011-2015.  The results of this study indicate that profitability, firm size, leverage, and social disclosure affect the value of the company.

References

Ardimas, W., dan Wardoyo. (2014). Pengaruh kinerja keuangan dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada bank go public yang terdaftar di BEI. Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014): Research Methods and Organizational Studies, 231-238.

Bernandhi, R., dan Muid, A. (2014). Pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan dividen, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 3,1, 1-13.

Borolla, J. D. (2011). Analisis pengaruh struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan. Prestasi, VII, 1, 11-24.

Brealey, R. A., Myers, S. C., dan Marcus, A. J. (2013). Fundamentals of corporate rinance (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Brigham, E. F., dan Daves, P. R. (2010). Intermediate financial management (9th ed.). (J. W. Calhoun, Ed.) Florence: Thomson Corporation.

Cecilia, Rambe, S., dan Torong, M. B. (2015). Analisis pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Simposium Nasional Akuntansi, 18, 1-22.

Claessens, S., dan Fan, J. P. (2002). Corporate governance in Asia: A survey. International Review of Finance, 3,71-103.

Clayman, M. R., Fridson, M. S., dan Troughton, G. H. (2012). Corporate finance – A practical approach . New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Coombs, W. T., dan Holladay, S. J. (2012). Managing CSR: A communication approach. New Jersey: Wiley-Blackwell.

Darrough, M. N. (1993, July). Disclosure policy and competition: Cournot vs. Bertrand. The Accounting Review, 68, 3, 534-561.

Dian, F., dan Lidyah, R. (2013). Pengaruh corporate social responsibility, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusi terhadap nilai perusahaan tambang batu bara yang terdaftar di BEI. Journal of Accounting STMIK Mpd - STIE Mpd, 1-10.

Febrianti, M. (2012, Agustus). Faktor-raktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada industri pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi,14,2, 141-156.

Ferri, M. G., dan Jones, W. H. (1979). Determinants of financial structure: A new methodological approach. The Journal of The American Finance Association, 34,3, 631-644. New Jersey.

Golob, U., dan Bartlett, J. L. (2007). Communicating about corporate social responsibility: A comparative study of CSR reporting in Australia and Slovenia. Public Relations Review, 33, 1, 1-9.

Grahovar, M. (2010). The role of corporate social disclosure. PhD-student School of Business, Economics and Law, 1-26.

Gunawan, B., dan Utami, S. S. (2008, September). Peranan corporate social responsibility dalam nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7, 2, 174-185.

Gusni, dan Vinelda, A. (2016, Desember 17). Corporate governance, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Prosiding Seminar Nasional, 355-368.

Hargiansyah, R. F. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1-6.

Jitaree, W. (2015). Corporate social responsibility disclosure and financial performance: Evidence from Thailand. Research Online, 50-62.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 71-90.

Mayogi, D. G., dan Fidiana. (2016, Januari). Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen dan kebijakan utang terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi,5, 1, 1-18.

Modigliani, F., dan Miller, M. H. (1963, Juni). Corporate income taxes and the cost of capital: A correction. American Economic Review, 53, 3, 433-443.

Muhyarsyah. (2007, September). Pengaruh kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 7, 2,117-137.

Mulyawati, S., Lestari, R., dan Nurleli. (2015). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (Studi dilakukan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 - 2013). Prosiding Penelitian SPeSIA, 180-189.

Munawaroh, A. (2014). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibilty sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3,4,1-17.

Myers, S. C., Marcus, A. J., dan Brealey, R. A. (2008). Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan (5th ed.). (H. W. Hardani, A. Maulana, D. Bernadi, Eds., dan Y. A. Zaimur, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Myers, S. C., Marcus, A. J., dan Brealey, R. A. (2013). Fundamentals of corporate finance (7th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies.

Pratama, I. A., dan Wiksuana, I. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5, 2,1338-1367.

Rachmawati, Eka Nuraini, dan Purwanti, Siska Veronika. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, debt to equity ratio (DER), rating bond dan maturitas terhadap yield obligasi pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmu Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palembang, Vol. 5, No. 2, 186-199.

Rashid, K., dan Islam, S. M. (2008). Corporate governance and firm value; Econometric modelling and analysis of emerging and developed financial markets. Bingley: Emeral Group Publishing Limited.

Ratih, S. (2011, Desember). Pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan peraih The Indonesia most trusted company–Cgpi. Jurnal Kewirausahaan, 5,2, 18-24.

Ross, Westerfield, dan Jordan. 2010. Fundamentals of corporate finance (10th ed.). New York: McGraw Hill/Irwin.

Rouf, M. A. (2011). The corporate social responsibility disclosure: A study of listed companies in Bangladesh. Business and Economics Research Journal,2,3, 19-32.

Rusdianto, U. (2013). CSR communication A framework for PR practioners (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saedah, Z. (2015). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi pada perusahaan manufaktur di BEI periode tahun 2011-2013). Online Journals, 1-13.

Salvatore, D. (2005). Ekonomi manajerial (5th ed.). (P. Wuriarti, Ed., dan I. S. Budi, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.

Sawir, A. (2004). Analisis kinerja keuangan dan perencanaan keuangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susanti, N. A. (2014). Evaluasi CSR terhadap nilai perusahaan. Online Journals, 1-17.

Tikawati. (2016). Pengaruh corporate governance, growth opportunity dan net profit margin (NPM) terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1, 2, 121-140.

Torok, R. M., dan Cordon, P. J. (2002). Operational profitability (2nd ed.). Hoboken: Wiley.

Weygandt, J. J., Kieso, D. E., dan Kimmel, P. D. (2010). Financial accounting; IFRS edition (1st ed.). Hoboken: Wiley.

Wibisono, Y. (2007). Membedah konsep & aplikasi CSR (corporate social responsibility). Gresik: Fasco Publishing.

Wibowo , S., Yokhebed, dan Tampubolon , L. D. (2016, Juli 28). Pengaruh CSR disclosure dan GCG terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2012-2014). Prosiding Seminar Nasional, 927-935.

Downloads

Published

2018-04-01

How to Cite

Setiawati, L. W. (2018). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN SOSIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57. https://doi.org/10.25170/jara.v12i1.57
Abstract views: 3520 | PDF downloads: 2936