APLIKASI SMART CARD SEBAGAI DOMPET ELEKTRONIK DAN PENYIMPAN KUPON PADA ALAT PERMAINAN

Authors

  • Chandra Winata Gunardi
  • Linda Wijayanti

Keywords:

alat permainan, smart crad, mikrokontroler, visual basic

Abstract

 

ABSTRAK

 

 

Sistem pembayaran dan penyimpanan kupon pada alat permainan di pusat perbelanjaan masih mempunyai banyak kelemahan. Makalah ini membahas rancang bangun suatu dompet elektronik dan penyimpan kupon menggunakan smart card sebagai alternatif dari penggunaan koin untuk permainan maupun penyimpan dan penghitung jumlah kupon. Sistem terdiri dari 2 bagian, yaitu perangkat pada alat permainan dan sistem registrasi ataupun pengisian voucher. Komunikasi antara alat permainan dengan smart card melalui mikrokontroler dan smart card reader/writer. Perangkat alat permainan terdiri dari mikrokontroler, smart card, LCD, dan smart card reader/writer. Sedangkan pada perangkat registrasi dan pengisian voucher terdiri dari komputer, smart card reader/writer, dan smart card. Jenis smart card yang digunakan adalah contactless smart card dan perangkat lunak yang digunakan adalah Visual Basic 6.0. Proses registrasi, pengisian voucher dan penukaran hadiah yang dilakukan dapat bekerja dengan baik. Hasil perhitungan antara total kupon yang dimiliki dengan kupon yang dibutuhkan telah sesuai dengan perhitungan secara manual, hal ini juga berlangsung dengan baik untuk proses penambahan voucher. Dari hasil pengujian, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan rancangan.

 

 

ABSTRACT

 

 

Payment system and deposit the coupon in the game appliance in the shopping center still has many weaknesses. This paper explain to design an electronic wallet and coupon storage using smart card as an alternative of using coins or also storage and count the number of coupons. The system consists of 2 parts, the device on the game appliance and registration system or charging the voucher. The  communication between the game appliance to smart card through microcontroller and smart card reader/writer. The device consists of microcontroller, smart card, LCD, and smart card reader/writer. While on the registration and charging voucher consists of computer, smart card reader/writer, and smart card. Types of smart cards used are contactless smart card and the software used is Visual Basic 6.0. Registration process, filling vouchers, and exchange gifts made to work well. The calculation result between the total coupon owned by the necessary vouchers in accordance with the calculations manually, it is also going well for the process of adding vouchers. From the test results, the system can work well in accordance to the design.

References

[1] ACS. 2005. ACR120U API. Hong Kong: ACS Company
[2] ACS. 2006. ACR120 Technical Specifications. Hong Kong: ACS Company
[3] Darmayuda, Ketut. 2007. Program Aplikasi Client Server dengan Visual Basic 6.0 dan Borland Delphi 7.0. Bandung: Informatika
[4] Peacock, Craig. 2005. Interfacing the Standard Parallel Port, (http://www. beyondlogic. org/spp/parallel.htm), diakses tanggal 13 Juni 2018)
[5] Rankl, W. and Effing, W. Smart Card Handbook, 4th edition. England: John Wiley & Sons
[6] Sedra, Adel S. and Smith, Kenneth C. Microelectronic Circuits, 7th edition. USA: Oxford
[7] Usman. 2008. Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikro kontroler AT89S52. Yogyakarta: Penerbit Andi
[8] www.alldatasheet.com

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles