PENGARUH PROFITABILITAS, SALES GROWTH, LEVERAGE, DAN MAJORITY SHAREHOLDERS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Angelina Eka Riapastika Tapobaly Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Theresia Dian Widyastuti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/wpm.v17i1.7098

Keywords:

profitability, sales growth, leverage, majority shareholder ownership, firm value

Abstract

This study aims to determine the effect of profitability, sales growth, leverage, and majority shareholder ownership on firm value in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2021-2023. This study used a quantitative approach with secondary data in the audited financial reports. The sample was selected using a purposive sampling method based on certain criteria, resulting in 109 manufacturing companies with a total of 327 observations over three years. Data analysis was performed using multiple linear regression using SPSS version 27 with a significance level of 0.05. The results showed that profitability had a positive effect on firm value, while sales growth, leverage, and majority shareholder ownership had a negative effect on firm value.

References

Anderson, R. C., & Reeb, D. M. (2003). Founding-Family Ownership and Firm Performance: Evidence from the S&P 500. The Journal of Finance, 58(3), 1301–1328.

Astuti, R. P., Winarti, E., & Subchan. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2014-2017). Prima Ekonomika, 9(2), 57–76. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Fundamentals Of Financial Management (15th ed.). Cengage Learning.

Claessens, S., Djankov, S., Fan, J. P. H., & Lang, L. H. P. (2002). Disentangling The Incentive and Entrenchment Effects of Large Shareholdings. The Journal of Finance, 57(6), 2741–2771.

Darmawan, R., & Murni, S. (2022). Pengaruh pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor manufaktur. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(1), 50–62.

Dolontelide, P., & Wangkar, M. (2018). Pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 123–135. https://doi.org/xxxx

Dewi, K., & Badjra, I. B. (2017). Pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3704–3730.

Fathi Hani, A., & Wijayanti, K. (2021). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ45 Di BEI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 45–53.

Febriyanti, S., Aryani, Y., & Hendratni, Y. (2023). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(2), 110–120.

Firmansah, R., & Sari, N. M. (2024). Struktur Modal Dan Kepemilikan Mayoritas Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 28(1), 22–35.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, R., & Maulana, H. (2022). Pengaruh konsentrasi kepemilikan terhadap nilai perusahaan dengan tata kelola perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 13(2), 121–132.

Harahap, S. S. (2011). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Rajawali Pers.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Grasindo.

Hery. (2018). Rasio Keuangan: Analisis Dan Interpretasi. Grasindo.

Hery. (2021). Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive edition. Grasindo.

Husnan, S. (2001). Dasar-Dasar Teori Portofolio Dan Analisis Sekuritas. UPP AMP YKPN.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal Of Financial Economics, 3(4), 305–360.

Jihadi, M., Vilantika, E., Hashemi, S. M., Arifin, Z., Bachtiar, Y., & Sholichah, F. (2021). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Firm Value: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 423–431.

https://doi.org/https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0423 Kadir, A. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Sales Growth Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 87–98.

Kasmir. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.

Kasmir. (2019). Manajemen Keuangan (Revisi ed.). Rajawali Pers.

Kasmir. (2022). Analisis laporan keuangan. Raja Grafindo Persada.

Kay, R., Pamungkas, A., & Nurcahyo, B. (2022). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 27–35.

Kemara Dewi, N. M., & Badjra, I. B. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 33–42.

Khairudin, & Wandita, P. (2017). Pengaruh Sinyal Laba Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 92–100.

Lestari, A. D., & Ramadhani, F. (2021). Pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(2), 112–122.

Livianti. (2021). Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 12–25.

Marpaung, E. H., & Siahaan, S. (2021). Pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan efisiensi operasional sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 322–335.

Mayangsari, S. (2018). Pengaruh Teori Sinyal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi, 10(1), 56–63.

Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 380–393. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.1562

Miranda, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018–2020 [Skripsi, Universitas Pakuan]. Repository FEB UNPAK.

Nuswandari, C., Sunarto, S., Jannah, A., & Ikromudin, I. (2019). Corporate Social Responsibility Moderated the Effect of Liquidity and Profitability on the Firm Value. Proceedings of the International Conference on Banking, Accounting, Management, and Economics (ICOBAME 2018), 86(Icobame 2018), 87–90. https://doi.org/10.2991/icobame-18.2019.19

Pantow, M. C. R., Murni, S., & Trang, I. G. M. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 23–32.

Paramitha, A. D. (2024). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan. Jurnal Manajemen Keuangan, 9(1), 12–20.

Perdana, R. (2014). Agency Theory Dan Corporate Governance. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 41–50.

Pratiwi, S., & Nugroho, A. (2023). Pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Ekonomi Kreatif (JIMEK), 6(1), 45–56.

Puspita, A. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(3), 211–220.

Puspita Sari, I. (2020). Nilai Perusahaan Dalam Perspektif Sistematis. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 21(2), 127–138.

Putra, B. A., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas , Leverage , dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149–157. https://doi.org/https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195

Putri, D. A., & Kurniadi, R. (2022). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(2), 88–96.

Rahayu, S., & Winarno, W. W. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(3), 55–68.

Rahmawati, Y., & Siregar, R. (2020). Kepemilikan Mayoritas Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(1), 88–96.

Rahmawati, R., & Widyarti, D. (2022). Pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 1–10.

Rizqia, D. A., Aisjah, S., & Sumiati. (2013). Effect of managerial ownership, financial leverage, profitability, firm size, and investment opportunity on firm value. Journal of Business and Management, 3(3), 20–27.

Salim, F., Maulana, H., & Fadilah, R. (2023). Konsentrasi Kepemilikan Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 12(1), 45–58.

Santoso, D., & Yulianti, R. (2021). Pengaruh Kepemilikan Mayoritas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 9(2), 66–74.

Saraswati, E., & Nugroho, A. (2023). Analisis pengaruh sales growth dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Digital, 8(2), 88–97.

Sari, M. D., & Wijaya, I. M. (2020). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 120–130.

Sari, R. A., & Wahyudi, S. (2021). Leverage Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Investasi, 9(1), 77–85.

Serupa.id. (n.d.). Profitabilitas: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Macam, Jenis Rasio, Rumus. Serupa.id. https://serupa.id/profitabilitas-pengertian-tujuan-manfaat-macam-jenis-rasio-rumus/

Setiawan, D., & Lestari, D. P. (2021). Pengaruh Sales Growth Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 103–113.

Setiawan, T., & Prasetyo, E. (2022). Analisis pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan pada sektor perbankan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 91–103.

Subramanyam, K. R. (2014). Financial Statement Analysis (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Tahu, G. P., & Susilo, D. D. (2017). Effect of Liquidity , Leverage and Profitability to The Firm Value (Dividend Policy as Moderating Variable) in Manufacturing Company of Indonesia Stock Exchange. Research Journal of Finance and Accounting, 8(18), 89–98.

Widyaningrum, M. (2020). Pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 25–34.

Widianingsih, R. (2018). Teori Sinyal Dan Implikasinya Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 135–144.

Wijaya, H. (2022). Pengaruh Kondisi Makroekonomi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 8(1), 42–55.

Wijaya, H., & Susilowati, A. (2024). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 95–104.

Yanti, Indra (2020). Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 133–140.

Yulianto, D., & Arifin, Z. (2023). Kepemilikan mayoritas dan nilai perusahaan: Studi pada perusahaan manufaktur Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14(1), 88–97.

Downloads

Published

2025-05-15