Penerapan Vessel Monitoring System untuk Kapal-Kapal Ikan

Authors

  • Marsellinus Bachtiar Wahju Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

fisheries

Abstract

Vessel monitoring system merupakan system monitoring untuk kapal-kapal penangkap. Tujuan dari monitoring system ini adalah untuk memantau pergerakan area perikanan. Berdasarkan situs resmi Kominfo VMS disebut juga Sistem Pemantauan Kapal Perikanan – merupakan system pemantauan berbasis satelit untuk mengetahui pergerakan pergerakan dn aktivitas kapal perikanan.

Tulisan ini bertujuan memahami esensi VMS dan arah pengembangan terutama dari sisi system untuk kebutuhan pengendalian dan perencanaan.

Pemahaman atas pengawasan aktifitas penangkapan ikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi dasar dalam memahami VMS dalam konteks nasional, termasuk didalam nya pengaturan perijinan, wilayah tangkap, alat tangkap, waktu (musim) dan kuota dalam penangkapan ikan.

Hasil dari tulisan ini adalah pemahaman mendasar dari fungsi VMS dalam upaya memonitor dan pengawasan – serta usulan pengembangan terutama dari integrasi data untuk ujuan analitis yang menghasilkan perencanaan dan pengambilan keputusan yang terukur dan akurat

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Wahju, M. B. (2022). Penerapan Vessel Monitoring System untuk Kapal-Kapal Ikan . Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 8(2), 23–28. Retrieved from https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/cylinder/article/view/4120

Issue

Section

Articles
Abstract views: 575 | : 883