Analisis Komparatif Pengaruh Pelapisan HVOF 86WC-10Co-4Cr dan 73WC-20Cr-7Ni Terhadap Ketahanan Abrasi Baja ASTM CA6NM Pada PLTM Karai 7

Authors

  • Maydiva Thessalonica Virginie Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Anthon de Fretes Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/cylinder.v9i2.4494

Keywords:

Baja CA6NM, HVOF, Pelapisan, Runner, Tungsten Carbide

Abstract

Erosi menjadi salah satu masalah yang dihadapi pada runner turbin pembangkit listrik tenaga air. Dalam kondisi dimana bangunan sudah berdiri, metode yang dapat digunakan untuk mengurangi erosi adalah dengan mengaplikasikan coating pada permukaan runner untuk meningkatkan kekerasannya sehingga ketahanannya dapat menjadi lebih baik. Lapisan dengan metode HVOF (High Velocity Oxy-Fuel) dan material pelapis tungsten carbide menjadi pilihan yang paling efektif dalam memberikan ketahanan abrasi. Material pelapis 86WC-10Co-4Cr dan 73WC-20Cr-7Ni menjadi dua pilihan pelapis tungsten carbide yang dapat memberikan ketahanan paling baik. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai jenis lapisan yang dapat menawarkan ketahanan abrasi tertinggi serta jarak pengaplikasian yang paling optimal. Dari hasil eksperimen dapat disimpulkan bahwa jenis material pelapis 86WC-10Co-4Cr dengan jarak pengaplikasian 250mm dapat menawarkan ketahanan abrasi yang lebih baik dibandingkan 73WC-20Cr-7Ni.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Virginie, M. T., & de Fretes, A. (2023). Analisis Komparatif Pengaruh Pelapisan HVOF 86WC-10Co-4Cr dan 73WC-20Cr-7Ni Terhadap Ketahanan Abrasi Baja ASTM CA6NM Pada PLTM Karai 7. Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.25170/cylinder.v9i2.4494

Issue

Section

Articles
Abstract views: 75 | : 94