Kegunaan Moulage Pasien Simulasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Klinis

Penulis

  • Gisella Anastasia UNIKA Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/djm.v21i2.3479

Kata Kunci:

metode simulasi, moulage, pasien simulasi, skills lab

Abstrak

Pendahuluan: Tingkat penguasaan keterampilan klinis mahasiswa dengan metode simulasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah fidelity. Semakin mirip suatu simulasi dengan situasi nyata, penguasaan keterampilan akan semakin baik. Penggunaan Moulage pada pasien simulasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fidelity. Metode ini relatif baru dan pengaruhnya pada pembelajaran keterampilan klinis di Indonesia belum pernah dilaporkan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan moulage dalam metode simulasi untuk pembelajaran keterampilan klinis dalam setting skills lab (SL).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuantitatif menggunakan 2 groups post test only design (n = 40 orang). Partisipan dibagi secara acak kedalam 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan (dengan moulage) dan kKeelompok kontrol (tanpa moulage). Penilaian dilakukan menggunakan rubrik dan check list penilaian yang terdiri dari komponen anamnesis, Pemeriksaan Fisik (PF), dan profesionalisme. Hasil penilaian diolah secara statistik menggunakan uji Wilcoxon. Evaluasi pelaksanaan dilakukan pada mahasiswa dan instruktur SL.

Hasil: Dari hasil penelitian didapat nilai PF, profesionalisme, dan nilai akhir pada kelompok perlakuan lebih tinggi dari kelompok kontrol, sementara nilai anamnesa lebih rendah, semua nilai tersebut secara statistik tidak signifikan (p=0.1; p=0.37; p=0.32). Nilai tindakan mencuci tangan setelah pemeriksaan dan mengidentifikasi luka dengan benar lebih tinggi pada kelompok perlakuan. Penelitian ini membuktikan moulage mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran keterampilan klinis seperti dalam praktik nyata.

Kesimpulan: Moulage mempunyai pengaruh positif pada pembelajaran keterampilan klinis terutama dalam memperlakukan pasien simulasi seperti pasien yang sebenarnya.

Kata Kunci: metode simulasi, Moulage, pasien simulasi, skills lab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Bradley, P. The history of simulation in medical education and possible future directions. Med. Educ. 40, 254–262 (2006).
2. Gordon, J. A., Wilkerson, W. M., Shaffer, D. W. & Armstrong, E. G. ‘Practicing’ medicine without risk: students’ and educators’ responses to high-fidelity patient simulation. Acad. Med. J. Assoc. Am. Med. Coll. 76, 469–472 (2001).
3. Maran, N. J. & Glavin, R. J. Low- to high-fidelity simulation – a continuum of medical education? Med. Educ. 37, 22–28 (2003).
4. Datta, R., Upadhyay, K. K. & Jaideep, C. N. Simulation and its role in medical education. Med. J. Armed Forces India 68, 167 (2012).
5. Miller RB. Psychological considerations in the design of training equipment. Available at: http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http://www.dtic.mil/get-tr-doc/pdf%3FAD%3DAD0071202&hl=en&sa=X&scisig=AAGBfm27ZgQffYJuEv-AJn1eLZUUt7oPLQ&nossl=1&oi=scholarr&ved=0ahUKEwjSm7uw6fTXAhVIxrwKHaDFChYQgAMIKCgAMAA. (Accessed: 6th December 2017)
6. Council, N. R. Learning, Remembering, Believing: Enhancing Human Performance. (2001). doi:10.17226/2303
7. Schuwirth, L. W. T. & Van Der Vleuten, C. P. M. The use of clinical simulations in assessment. Med. Educ. 37, 65–71 (2003).
8. Norman, G., Dore, K. & Grierson, L. The minimal relationship between simulation fidelity and transfer of learning. Med. Educ. 46, 636–647 (2012).
9. Chen, R., Grierson, L. E. & Norman, G. R. Evaluating the impact of high- and low-fidelity instruction in the development of auscultation skills. Med. Educ. 49, 276–285 (2015).
10. John A Dent & Ronald M Harden. A Practical Guide for Medical Teacher. (Elsevier Churchill Livingstone, 2005). - Google Search. Available at: https://www.google.com/search?q=John+A+Dent+%26+Ronald+M+Harden.+A+Practical+Guide+for+Medical+Teacher.+%28Elsevier+Churchill+Livingstone%2C+2005%29.&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab. (Accessed: 15th November 2017)
11. An overview of the uses of standardized patients for teachin... : Academic Medicine. Available at: http://journals.lww.com/academicmedicine/pages/articleviewer.aspx?year=1993&issue=06000&article=00002&type=abstract. (Accessed: 15th November 2017)
12. Smith-Stoner, M. Using Moulage to Enhance Educational Instruction. Nurse Educ. 36, 21–24 (2011).
13. M.J. Pywell, E. Evgeniou, K. Highway, E. Pitt and C.M. Estela. High fidelity, low cost moulage as a valid simulation tool to improve burns education- ClinicalKey. Available at: https://www.clinicalkey.com/#!/content/playContent/1-s2.0-S0305417916000036?returnurl=http:%2F%2Flinkinghub.elsevier.com%2Fretrieve%2Fpii%2FS0305417916000036%3Fshowall%3Dtrue&referrer=. (Accessed: 15th November 2017)
14. Yaeger, K. A. et al. High-fidelity simulation-based training in neonatal nursing. Adv. Neonatal Care Off. J. Natl. Assoc. Neonatal Nurses 4, 326–331 (2004).

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

1.
Anastasia G. Kegunaan Moulage Pasien Simulasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Klinis. DJM [Internet]. 27 Agustus 2022 [dikutip 18 Mei 2024];21(2):103-12. Tersedia pada: https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/damianus/article/view/3479
Abstract views: 331 | PDF downloads: 172