Perancangan dan Pembuatan Aplikasi untuk Mengukur Kesadaran Merk Produk Mie Sedap Menggunakan Metode Selisih Rerata
DOI:
https://doi.org/10.25170/jpk.v1i02.5956Keywords:
ATD, BQD, DWA, KuesionerAbstract
Dalam Era digital, teknologi dapat membantu manusia dalam pencarian informasi dan pengolahan data yang tepat dan mudah. Tanpa teknologi digital tentunya akan sulit untuk melakukan pengolahan dan penganalisisan data dalam jumlah besar. Pada penelitian ini membahas tentang pengukuran kesadaran merek dan kesadaran promosi dengan kapasitas data yang besar (Big Questionnaire Data / BQD) menggunakan metode pengolahan data Analisa Timbangan Data (ATD) dengan metode selisih rerata orde yang pertama kali diintegrasikan ke dalam sistem aplikasi kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat suatu sistem aplikasi pengumpulan data dalam jumlah yang besar melalui kuesioner kuantitatif. Aplikasi ini dirancang untuk terintegrasi dengan sistem pengolahan data menggunakan ATD metode selisih rerata orde satu dan dua. Pengumpulan data kuesioner dilakukan secara daring menggunakan sistem pengolah data ATD pada aplikasi yang terintegrasi dengan database awan. Sistem ATD dengan metode selisih rerata orde yang terpilih untuk digunakan sebagai algoritma program karena metode ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan ATD metode pembobotan data untuk jumlah data besar dan panjang skala bervariasi pada kuesioner kuantitatif. Pada penelitian ini telah dihasilkan suatu aplikasi kuesioner kuantitatif dengan sistem pengolahan data ATD metode selisih rerata orde. Hasil akhir penelitian berdasarkan data kuesioner dari 1015 responden melalui pengolahan data diperoleh luaran bahwa kesadaran merek dan promosi konsumen produk Mie Sedap menunjukkan hasil kualitatif antara setuju dan sangat setuju cenderung ke arah sangat setuju.
References
Anhar. (2020). PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Goenawan, S. I. (2019). Comparison Simulation Analysis of The Gradual Summation of a Function With Recognition Of Direct Extrapolation Via In Series. International Journal of Applied Science and Smart Technologies, Vol. 2, No. 1, 59-66.
Goenawan, S. I., Natalia, C., Sejahtera, F. P., dan K., A. A. (2021). Analisa Timbangan Data Dampak Positif dan Negatif Dompet Digital. Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RITEKTRA), Bandung: 12 Agustus 2021. Hal. A2.1 – A2.8
Goenawan, S. I., Liwangsa, E.W., (2023). Aplikasi Data Weigher Analysis (DWA) Dalam Mengukur Kepuasan Pelanggan KFC Dengan Sistem Kuesioner Berbasis Web. Prosiding SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Provinsi Riau: 31 Desember 2023. Hal. 123 – 133.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama.
Murya, Y. (2022). Pemrograman Android Black Box. Yogyakarta: Jasakom.
Raharjo, Budi. (2021). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Penerbit Informatika.
Robbyhaqqi, M. (2020). LKP: Perancangan Media Promosi Specialty Menu pada Resto OOB Kitchen Maxone Hotel Tidar Surabaya. Universitas Dinamika.
Sucahyo, Y. A. (2017). Pengaruh Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Brand Equity Pada Brand Happy Baby. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(5), 603–612.
Yakub. (2022). Pengantar Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.