Perhitungan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Tunggal Berdasarkan Data N-SPT dan CPT Studi Kasus: Proyek Pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Authors

  • Yoshi Wiweka PP Universitas Katolik Atmajaya Indonesia
  • Djoko Setyanto Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25170/jpk.v1i02.6133

Keywords:

Daya dukung izin, N-SPT, CPT, Tiang pancang

Abstract

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Bandung serta mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Studi kasus ini berfokus pada penyelidikan tanah untuk menghitung daya dukung pondasi tiang pancang pada pembangunan stasiun kereta cepat di Karawang, Jawa Barat. Perhitungan pondasi tiang pancang menggunakan data N-SPT dan CPT berdasarkan metode Luciano Decourt  dan Begemann. Hasil penyelidikan lapangan menunjukkan bahwa tanah di lokasi penelitian terdiri dari dua lapisan utama berupa lempung pada kedalaman 0-20 dengan konsistensi medium stiff hingga very stiff dan pada kedalaman 20-50 dengan konsistensi very stiff hingga hard. Hasil perhitungan daya dukung izin tiang pancang berdasarkan data N-SPT tertinggi mencapai 50,3 ton dan 46,02 ton berdasarkan data CPT.

References

Begemann. (1965). The maximum pulling force on a single tension pile calculated on the basis of result of the adhesion jacket cone. The 6th International conference on soil mechanics and foundation engineering, Montreal 2, pp. 229.

Decourt L. (1995). Prediction of load-settlement relationships for foundation on the basis of the SPT. Ciclo de Conferencias Internationale, Leonardo Zeevaert, UNAM, Mexico, 1995, pp. 85-104.

Mulyono & Agustina, D. (2022). Perhitungan Daya Dukung Tiang Pancang Tunggal dan Kelompok (Studi Kasus Proyek Hangar Lion Air Batam). Sigma Teknika, Vol. 5, No.2 : 372-382.

Look, Burt G. (2007). Handbook of Geotechnical Investigation and Design Tables. London: Taylor & Francis Group.

PT. WSP Engineering. (2019). Geotechnical Investigation for Stations and Buildings High Speed Railway Jakarta Bandung. Bandung: PT WSP.

PT. Wijaya Karya. (2019). Soil Investigation for Stations and Buildings High Speed Railway Jakarta Bandung. Jakarta: PT.Wijaya Karya.

Rahardjo, Paulus P. (2005). Manual Pondasi Tiang Edisi 3. Bandung: Geotechnical Engineering Center.

SNI 8460. (2017). Standard Nasional Indonesia untuk Persyaratan Perancangan Geoteknik.

Downloads

Published

2024-07-12
Abstract views: 50 | PDF downloads: 99