Perancangan Detail Engineering Design (DED) Dermaga Tipe Dolphin: Pendekatan Analisis Teknis dan Lingkungan

Authors

  • Dhiecho Mahar Dhiecha Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
  • Ronald Sukwadi Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25170/jpk.v1i02.6224

Keywords:

Detailed Engineering Design, Wharf, Dolphin

Abstract

Penyusunan Detail Engineering Design (DED) dermaga merupakan langkah penting dalam pembangunan infrastruktur untuk memastikan desain memenuhi kebutuhan operasional, kondisi lingkungan, serta standar teknis dan keselamatan. Desain mencakup panjang dermaga, kedalaman perairan, struktur penopang, alat bantu, dan sistem penanganan barang sesuai jenis kapal. Berdasarkan observasi, survei lapangan, dan analisis topografi-batimetri, pier/jetty tipe dolphin dipilih sebagai solusi optimal. Kawasan dermaga memiliki kontur daratan landai dengan tepian sungai terjal, sementara investigasi tanah menunjukkan lapisan keras pada kedalaman tertentu yang mendukung stabilitas struktur. Desain meliputi jetty head dengan plat lantai 15 cm, balok 30 × 50 cm, serta tiang pancang baja berdiameter 40 cm dengan nilai N-SPT 40-60. Breasting dan mooring dolphin didesain menggunakan tiang pancang baja untuk meningkatkan efisiensi dan stabilitas operasional. Desain ini dirancang untuk menjamin daya tahan konstruksi dan keberlanjutan operasional dermaga.

References

API. (2007). Recommended Practice for Planning, Designing and Constructing Fixed Offshore Platforms-Working Stress Design (21st ed.). Washington, D.C.: American Petroleum Institute.

Bertram, V., & Schneekluth, H. (1998). Ship Design for Efficiency and Economy (2nd ed.). Oxford: Butterworth-Heinemann.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (1984). Kriteria Perencanaan Standar untuk Pelabuhan di Indonesia. Jakarta: Departemen Perhubungan.

EAU. (1980). Rekomendasi untuk Struktur Bangunan Pantai, Edisi 4.

PT. Cakrawala Bumi Khatulistiwa (2024). Laporan Akhir Penyusunan Detail Engineering Desain (DED) Terminal Khusus CPO PT. Multi Prima Entakai Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat”.

SNI 03-2847-2019. (2019). Perencanaan Beton Bertulang. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

SNI 03-1729-2020. (2020). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

SNI 03-1726-2019. (2019). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

U.N.C.T.A.D.. (n.d.). Japan Standard for Ports and Harbours. United Nations Conference on Trade and Development.

Downloads

Published

2024-07-12
Abstract views: 28 | PDF downloads: 20