MODEL PEMBELAJARAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS PROSES DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.25170/kolita.22.5973Keywords:
model pembalajaran, menulis bahasa Inggris, pendekatan proses, penelitian dan pengembangan, pembelajaran kooperatifAbstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang cukup populer, khususnya dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran secara kooperatif sangat diperlukan pada pembelajaran masa kini karena mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih tinggi, baik tujuan pembelajaran yang bersifat akademik maupun tujuan pembelajaran yang bersifat non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan model pembelajaran menulis esai bahasa Inggris berbasis proses dengan menggunakan pendekatan kooperatif. Fokus penelitian adalah pada rancangan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian tahap awal dari penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey (2015). Penelitian ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan dilaksanakan dari bulan Februari-April 2023 serta melibatkan 2 orang dosen dan 26 mahasiswa. Data diperoleh melalui analisis kebutuhan terhadap model pembelajaran menulis esai bahasa Inggris dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif maupun pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dijelaskan dalam bentuk pemaparan mengenai kondisi umum pembelajaran menulis esai bahasa Inggris saat ini, hasil analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa, serta rancangan model pembelajaran menulis esai bahasa Inggris. Rancangan model pembelajaran yang dihasilkan merupakan integrasi dari model pendekataan kooperatif dan model pembelajaran menulis dengan pendekatan proses. Rancangan model menulis esai bahasa Inggris berupa skenario pembelajaran yang terdiri dari pre-writing, while-writing, dan post-writing. Kegiatan pre-writing terdiri dari mengumpulkan ide tulisan dan mengatur ide tulisan. Kegiatan while-writing terdiri dari menulis draft, memeriksa tulisan, dan memperbaiki tulisan. Sementara kegiatan post-writing terdiri dari menilai tulisan dan mempresentasikan tulisan.