Edukasi dengan Sinema Gizi (Sinemagiz) dalam Pencegahan Anemia pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.3522Keywords:
anemia, pengetahuan, remaja , zat besiAbstract
Anemia pada remaja putri berhubungan dengan anemia ketika dewasa dan saat kehamilan. Remaja putri memiliki risiko lebih besar terjadi anemia. Menstruasi menyebabkan zat besi dan zat gizi lainnya ikut terbuang bersama darah haid. Pencegahan anemia zat besi pada remaja putri saat ini melalui pendidikan gizi, pemberian tablet zat besi. Defisiensi zat besi ditemukan pada sebagian siswi SMA Katolik Talino. Sekolah tersebut belum pernah mendapatkan suplementasi zat besi dan edukasi gizi dari petugas kesehatan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan anemia serta niat siswi dalam mendapatkan dan mengonsumsi tablet zat besi melalui media film. Metode pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pembuatan film yang diberi nama sinemagiz, bertemakan anemia pada remaja putri. Sasaran kegiatan adalah siswa SMA Katolik Talino yang diajak menonton bersama di sekolah. Kegiatan ini diakhiri dengan membagikan tablet zat besi kepada para siswi. Efek kegiatan diukur melalui pre-test dan post-test, sedangkan efek kegiatan pada siswa putra dan pihak sekolah didapatkan melalui penyampaian pesan dan kesan setelah menonton sinemagiz. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan serta minat positif siswi dalam mendapatkan dan mengonsumsi tablet zat besi. Pemutaran sinemagiz disarankan untuk dapat diadopsi menjadi salah satu alternatif edukasi yang dapat bekerja sama dengan pihak puskesmas dan pihak lainnya dalam upaya pencegahan anemia pada remaja putri.
References
Abu-Baker, N. N., Eyadat, A. M., & Khamaiseh, A. M. (2021). The impact of nutrition education on knowledge, attitude, and practice regarding iron deficiency anemia among female adolescent students in Jordan. Heliyon, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06348
Anestya, M., & Muwakhidah. (2018). Pengaruh pendidikan gizi dengan media video terhadap pengetahuan siswa dalam pemilihan jajanan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Nutri-Sains, 2(1), 34–41. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/59620
Asrori, A., & Salam, A. (2020). Pengaruh edukasi gizi dengan logbook remaja putri anemia. Frime Nutrition Journal, 5(September), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32807/jgp.v5i2.200
Bertrand, A., Hawkins, M., Cotter, E. W., Banzon, D., & Snelling, A. (2021). Interest in receiving nutrition information through social media among food-security program. Preventing Chronic Disease, 18(E50), 1–11. https://doi.org/10.5888/pcd18.200596
Black, H. A., Schumacher, J. R., Vollmer, R. L., & Harpel, T. S. (2019). Analysis of pinterest as a tool for dissemination of nutrition information for parents of teenagers. Children and Teenagers, 2(1), 72–88. https://doi.org/10.22158/ct.v2n1p72
Budianto, A. (2016). Anemia pada remaja putri dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan tentang anemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(10), 267–274. https://doi.org/10.35952/jik.v5i10.31
Chung, L. M. Y., & Fong, S. S. M. (2018). Role of behavioural feedback in nutrition education for enhancing nutrition knowledge and improving nutritional behaviour among adolescents. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, 27(2), 466–472. https://doi.org/10.6133/apjcn.042017.03
Gambir, J., & Ginting, M. (2018). Penggunaan food card sebagai pendekatan dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet Fe dan perbaikan status gizi remaja. Laporan Penelitian. Poltekkes Kemenkes Pontianak
Gambir, J., Jaladri, I., Sari, E. M., & Kurniasari, Y. (2021). A nutrition diary-book effectively increase knowledge and adherence of iron tablet consumption among adolescent female students. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia, 8(2), 87–92. https://doi.org/10.21927/ijnd.2020.
Gambir, J., & Nopriantini, N. (2018). Penerapan model edukasi gizi terhadap perilaku sarapan pada anak sekolah dasar. Jurnal Vokasi Kesehatan, 4(2), 95-98. https://doi.org/10.30602/jvk.v4i2.133
Kamalaja, T., Prashanthi, M., & Rajeswari, K. (2018). Effectiveness of health and nutritional education intervention to combat anemia problem among adolescent girls. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 7(09), 3152–3162. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2018.709.393
Kemenkes RI. (2018). Hasil utama riskesdas. cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf. Kemenkes RI
Kemenkes RI. (2018). Pedoman Pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri dan wanita usia subur (wus). Kemenkes RI.
Meng, Y. (2020). Partnering with 4-H and high school culinary club to provide school-based nutrition education to engage Latino youth in teaching cooking classes to younger youth and adapting healthy eating behaviors. Journal of Nutrition Education and Behavior, 52(7S), S36–S37. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2020.04.088
Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi
anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3(1), 32–36. https://doi.org/10.14710/jgi.3.1.121-125
Simanungkalit, S. F., & Simarmata, O. S. (2019). Pengetahuan dan perilaku konsumsi remaja putri yang berhubungan dengan status anemia. Buletin Penelitian Kesehatan, 47(3), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/bpk.v47i3.1269
Sulistiani, R. P., Rizky Fitriyanti, A., & Dewi, L. (2021). Pengaruh edukasi pencegahan anemia dengan metode kombinasi ceramah dan team game tournament pada remaja putri. Sport and Nutrition Journal, 3(1), 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/spnj.v3i1.44880
Syarie, O., Anisya Rezky Dwiayu, G. P. . M., Roro Nur Fauziyah1, M. A., Surmita, S., & Cahyaningsih, H. (2021). The effect of nutrition education using pocketbook media on iron and protein intake. Macedonian Journal of Medical Science, 9(5), 936–939. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.6657
Syarief, O., Dwiayu, A. R., Mulyo, G. P., Fauziyah, R. N., Aminah, M., Surmita, S., & Cahyaningsih, H. (2021). The effect of nutrition education using pocketbook media on iron and protein intake. Maced J Med Sci, 9(E), 936–939. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.6657
Tamtomo, D. G., & Cilmiaty, R. (2021). Augmented reality in nutrition education. IOP Conf. Ser: Mater Sci Eng, 1098 022108. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/2/022108
Turana, Y., Suharya, D. Y., & Purnomo, D. (2020). Remember Me Film Festival : An education efforts to increase dementia awareness in young generations. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.25170/mitra.v4i1.793
Yusoff, H., Daud, W. N. W., & Ahmad, Z. (2012). Nutrition education and knowledge, attitude and hemoglobin status of Malaysian adolescents. Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health, 43(1), 192–200. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23082570/
Yusoff, H., Wan Daud, W. N., & Ahmad, Z. (2013). Effectiveness of nutrition education vs. non-nutrition education intervention in improving awareness pertaining iron deficiency among anemic adolescents. Iranian Journal of Public Health, 42(5), 467–471. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3684454/
Zares, N. M., & Simanungkalit, S. F. (2021). Effect of nutrition education based on video and leaflet towards nutritional knowledge of 14 th Junior high school Bekasi student. Indonesian Journal of Nutitional Science, 1(1), 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.52023/ijns.v1i1.2519
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurianto Gambir Gambir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.