PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL HIDAYAH BATAM
DOI:
https://doi.org/10.25170/mitra.v7i1.3707Kata Kunci:
masalah dalam kelas; penelitian tindakan kelas; pendidikan masyarakatAbstrak
Penelitian Tindakan kelas adalah salah satu syarat dalam pengurusan kenaikkan pangkat dan golongan untuk setiap guru. Guru dituntut untuk mampu meneliti di dalam kelasnya dan memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelasnya sendiri. Pengabdian ini bertujuan membantu guru-guru Pondok Pesantren Manba’ul Hidayah Batam menulis proposal penelitian tindakan kelas. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Manba’ul Hidayah Batam sebanyak lima pertemuan dari bulan Januari sampai Juni 2022 melibatkan 17 guru dengan menggunakan metode pendidikan masyarakat berupa diskusi dan mentoring. Setiap pertemuan mendiskusikan materi yang berbeda seperti menjelaskan gambaran umum tentang penelitian tindakan kelas, model-model penelitian tindakan kelas, permasalah yang ada di kelas, metode pengajarann untuk pemecahan masalah, dan pengenalan aplikasi Turnitin dan Mendelay. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah peserta memiliki pengetahuan dan pengalaman menulis penelitian tindakan kelas. Diharapkan guru-guru mampu melakukan penelitian tindakan kelas di kelas masing-masing untuk meningkatkan kualitas siswa. keberlanjutan kegiatan pengabdian diharapkan dapat melanjutkan kepada pembuatan artikel yang dapat dipublikasikan.
Referensi
Abdi, N. (2020). Belajar daring, ada orang tua kerjakan tugas sekolah anaknya. ANTARA. https://www.antaranews.com/berita/1857884/belajar-daring-ada-orang-tua-kerjakan-tugas-sekolah-anaknya
Abdulsalam, A. (2021). Dampak buruk pembelajaran jarak jauh: Murid menyalin jawaban dari Google. https://www.ayobandung.com/netizen/pr-791547947/dampak-buruk-pembelajaran-jarak-jauh-murid-menyalin-jawaban-dari-google
Aditya, I. (2021). Sedikit, guru lakukan penelitian tindakan kelas. KRJOGJA. https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/sedikit-guru-lakukan-penelitian-tindakan-kelas/
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, N., Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. P. (2018). IBM guru sekolah dasar melalui pelatihan peningkatan keterampilan menulis artikel penelitian tindakan kelas. ABDIMAS UNNES, 22(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/abdimas.v22i2.17465
Ambalegin, A., & Handayani, N. D. (2023). Failure of Bloom’s learning domains in online learning: EFL learners’ perspectives. EduLite Journal of English Education, Literature and Culture, 8(1), 68–83. https://doi.org/DOI: 10.30659/e.8.1.68-83
Astutik, S., Subiki, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & Khuluqo, I. El. (2020). Pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 22–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5180
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. In F. Torche (Ed.), Proceedings of the National Academy of Sciences (pp. 1–7). PNAS Nexus. https://doi.org/https://doi.org/10.1073/pnas.2022376118
Febriantina, S., Azalia, F. C., Karyaningsih, P. D., Faslah, R., & Herlitah, H. (2021). Pelatihan manajemen pembelajaran strategik pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 3 Depok. MITRA, 5(2), 167–176. https://doi.org/doi.org/10.25170/mitra.v5i2.2862
Fitriani, Y., Wardarita, R., Missriani, M., Wardiah, D., Ali, M., Rukiyah, S., & Utami, P. I. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru-guru SMKN 1 Benakat, Muara Enim. Wahana Dedikasi, 4(2), 74–82. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6706
Hakim, R. N. (2020, March 19). Belajar online, mayoritas guru hanya memberi tugas tanpa interaksi dengan siswa. Kompas Group. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/24/15391751/mendikbud-singgung-guru-yang-hanya-beri-tugas-berat-tanpa-bimbingan.
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2289
Kamil, M. (2012). Model pendidikan dan pelatihan. Alfabeta.
Kelana, N. S. (2019). PTK buatan guru berpeluang besar diterima, bila memenuhi 5 syarat ini. Siedoo. https://siedoo.com/berita-26959-ptk-buatan-guru-berpeluang-besar-diterima-bila-memenuhi-5-syarat-ini/
Manik, W. F., Sartika, R. D., Simangunsong, F. K., Andreas, H., Sari, L., & Rianto, I. (2021). Kegiatan selama pandemi Covid-19: Belajar atau bermain game online. SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 1(1). https://journal.unilak.ac.id/index.php/senkim/article/view/7911
Octaviani, S., & Reftyawati, D. (2021). Peningkatan kompetensi PTK guru SD melalui pendampingan PKM di masa pandemi. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 9–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i1. 19541
Omeh, J. (2015). Hambatan menulis bagi guru. Matra Pendidikan. https://www.matrapendidikan.com/2015/05/hambatan-menulis-bagi-guru.html
Patalatu, J. S. (2017). Pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru melalui penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017, 39–48. https://ejournal.unpatti.ac.id
Rintaningrum, R. (2015). Mengapa guru tidak menulis karya ilmiah: Perspektif guru. Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, dan Pendidikan dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN, 60–68.
Rizkyta, A. (2021). Perkembangan teknologi membuat generasi muda malas membaca. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/adityarizkyta0185/60a606a28ede4867fb681d05/
Soetomo, S. (2019, April 17). Banyak guru diduga manipulasi data PTK. JPNN. https://www.jpnn.com/news/banyak-guru-diduga-manipulasi-data-ptk
Sukendra, I. K., Sumandya, I. W., Fridayanthi, P. D., & Surat, I. M. (2021). PKM. Penulisan penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah guru di SMAK Negeri 3 Sukawati. Widya Mahadi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.5281/zenodo.5002824
Sumiati, S., Muhammad, N., Malli, R., & Palangkay, R. D. (2022). PKM pelatihan dan pendampingan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah PTK di SMP Negeri 4 Bantimurung kabupaten Maros. MEMBANGUN NEGERI, 6(2), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/pkm.v6i2.2751
Sumini, S. (2015). Penelitian tindakan kelas dan pengembangan profesi guru. https://www.scribd.com/doc/263491931/Penelitian-Tindakan-Kelas-Th-Sumini
Surat, I. M., Sukendra, I. K., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2021). PkM. Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru sekolah Taman Rama Denpasar. Widya Mahadi, 2(1), 84–94. https://doi.org/10.5281/zenodo.5759231
Susanti, E., Aisyah, N., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Somakim, S., Meryansumayeka, M., Scristia, S., Araiku, J., Pratiwi, W. D., Kurniadi, E., & Saputri, N. W. (2020). Pendampingan penulisan artikel pada jurnal nasional bagi guru Matematika: Dari laporan PTK menuju manuskrip. Jurnal Anugrah, 2(2), 93–100. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2714
Suyitno, S. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Jurnal Surya Abdimas, 3(2), 44–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/abdimas.v3i2.321
Wiganda, S. (2014). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru se-Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 11(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01
Wijayanti, S. H., Baskoro, J. T., Warmiyanti, M. T., Manalu, M. T., & Cita, L. N. (2023). The school literacy movement in elementary school: From pre-pandemic to post-pandemic Covid-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 189–202. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2388
Wijayanti, S. H., Prasadja, H., Pasau, A. D. P., & Andreas, A. (2022). Utilization of quizizz as a learning medium for elementary teachers in Cisauk District. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 6(1), 164–175. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.006.1.11
Yasin, A. (2011). Penelitian tindakan kelas: Tuntunan praktis (2nd ed.). Bung Hatta University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ambalegin Ambalegin, Sunargo Sunargo, Nurma Dhona Handayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.