Humanisme Pancasila Menurut Driyarkara dan Internalisasinya Dalam Pendidikan

Authors

  • Kasdin Sihotang

DOI:

https://doi.org/10.25170/respons.v18i01.746

Keywords:

Pluralisme, integrasi, dehumanisasi, pancasila, kodrat manusia

Abstract

Negara yang terdiri dari aneka ragam budaya, ras, suku dan agama menjadi cikal bakal datangnya kehancuran. Negara yang dicirikan oleh pluralitas yang besar memerlukan perekat berupa nilai-nilai utama dalam masyarakat Indonesia. Tanpa perekat tersebut Negara akan mudah mengalami disintegrasi. Tampaknya apa yang dikatakan oleh Clifford Geerts itu sekarang menjadi kenyaan sebagaimana terlihat pada berbagai konflik baik yang bersifat vertikal maupun vertikal. Integrasi sosial tidak terjadi sendiri melainkan mensyarakat Negara yang kuat dan rakyat yang melek namun menjadi persoalan besar karena akhir-akhir ini berkembang fenomena yang semakin tidak menghargai institusi negara sementara itu jaringan masyarakat warga Negara belum terbentuk secara baik menjadi mitra pemerintah. Hal ini terlihat pada kenyaan bahwa masih banyak tindakan kejahatan yang menyebabkan kematian akhir-akhir ini. Aksi dehumanitas ini menimpa baik warga negara biasa maupun aparat keamanan sendiri.

References

Buber, Martin, I and Thou, Continuum, London, 2002.
Driyarkara, N, Filsafat Manusia, Kanisius, Yogyakarta, 1970.
—————., Pedagogy of the Oppressed, Pinguin Books, Ltd, Australia, 1972.
Haryanto, Ariel, Nasionalisme, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996.
Majalah HIDUP, Edisi 20, 2 Juni 2013.
P.J, Suwarno. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius. 1993
Sastrapratedja, M “Humanisme sebagai Prinsip Pendidikan menurut Driyarkara, dalam www.kongrespendidikan.web.id”, diakses 10 Agustus 2013.
Sindhunata. (ed.). Pendidikan: kegelisahan Sepanjang Zaman, Kanisius, Yogyakarta, 2001.
Sudiarja dkk. (ed.). Karya Lengkap Driyarkara: Esai- Esai Filsafat Pemikir yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2006.
Sutrisno, Mudji, Driyarkara: Filsuf yang Mengubah Indonesia, Galang Press,
Yogyakarta, 2006.

Published

2019-08-08

How to Cite

Sihotang, K. (2019). Humanisme Pancasila Menurut Driyarkara dan Internalisasinya Dalam Pendidikan. Respons: Jurnal Etika Sosial, 18(01), 59–88. https://doi.org/10.25170/respons.v18i01.746
Abstract views: 432