IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN TERPADU PADA UKM-UKM DI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

Authors

  • A.Bernadin Dwi M. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dahlia Pinem Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

UKM, integrated marketing communication, strategi pemasaran

Abstract

Persaingan pasar yang dihadapi UKM menyebabkan diperlukannya strategi pemasaran terpadu yang akan dapat digunakan untuk menghadapi pesaing. Memanfaatkan teknologi tepat guna yang ada menjadi pilihan tepat yang harus diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pemasaran agar dapat meningkatkan
penjualan. Perkembangan teknologi, khususnya bidang informasi, telah menumbuhkan peluang berkreasi dan berinovasi dalam memasarkan UKM. Teknologi sebagai media komunikasi menjadi sarana yang sangat efektif dalam dunia pemasaran hingga saat ini. Seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang lebih menaruh perhatian pada internet menjadi tantangan bagi UKM dalam memasarkan produk secara daring. Integrated Marketing Communication (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT) adalah suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang mengevaluasi peran strategis pemasaran dari berbagai model komunikasi, misalnya periklanan umum, penjualan personal, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan menggabungkan berbagai program ini sebagai upaya meningkatkan omzet penjualan. Penerapan IMC dalam upaya merambah pasar bagi produk UKM di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui edukasi pemasaran, focus group discussion, sosialisasi, dan pendampingan implementasi penggunaan pemasaran berbasis daring.

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 211 | : 173

Most read articles by the same author(s)