IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN TERPADU PADA UKM-UKM DI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

Penulis

  • A.Bernadin Dwi M. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dahlia Pinem Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Kata Kunci:

UKM, integrated marketing communication, strategi pemasaran

Abstrak

Persaingan pasar yang dihadapi UKM menyebabkan diperlukannya strategi pemasaran terpadu yang akan dapat digunakan untuk menghadapi pesaing. Memanfaatkan teknologi tepat guna yang ada menjadi pilihan tepat yang harus diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pemasaran agar dapat meningkatkan
penjualan. Perkembangan teknologi, khususnya bidang informasi, telah menumbuhkan peluang berkreasi dan berinovasi dalam memasarkan UKM. Teknologi sebagai media komunikasi menjadi sarana yang sangat efektif dalam dunia pemasaran hingga saat ini. Seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang lebih menaruh perhatian pada internet menjadi tantangan bagi UKM dalam memasarkan produk secara daring. Integrated Marketing Communication (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT) adalah suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang mengevaluasi peran strategis pemasaran dari berbagai model komunikasi, misalnya periklanan umum, penjualan personal, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan menggabungkan berbagai program ini sebagai upaya meningkatkan omzet penjualan. Penerapan IMC dalam upaya merambah pasar bagi produk UKM di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui edukasi pemasaran, focus group discussion, sosialisasi, dan pendampingan implementasi penggunaan pemasaran berbasis daring.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-24

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 305 | : 217

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama