Pengenalan Bahasa Inggris di SDN 02 Sijuk Belitung

Penulis

  • Fransisca Iriani R. Dewi Universitas Tarumanagara
  • Willson S. Zebua Universitas Tarumanagara
  • Mega Sandra Universitas Tarumanagara
  • Upie F. Nurqalby Universitas Tarumanagara
  • Grasella A. Pangandaheng Universitas Tarumanagara
  • Darren Melvin Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5012

Kata Kunci:

bahasa Inggris, keterampilan berbahasa, SD Negeri 02 Sijuk

Abstrak

Pentingnya bahasa Inggris dalam era globalisasi telah mendorong pembelajaran bahasa ini sejak dini. Di sekolah dasar, pembelajaran bahasa Inggris difokuskan pada pengembangan empat keterampilan utama: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Berbagai permasalahan, seperti keterbatasan penerapan bahasa Inggris, kurangnya pengajar kompeten, rendahnya penguasaan siswa terhadap bahasa Inggris, minimnya pemahaman tentang manfaatnya, serta keterbatasan sumber belajar dan akses WiFi di sekolah, teridentifikasi di SD Negeri 02 Sijuk. Untuk mengatasi masalah ini, Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Tarumanaga mengadakan pelatihan bahasa Inggris dengan metode sosialisasi dan pelatihan. Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan pengenalan terhadap alfabet dan angka dalam bahasa Inggris melalui materi, poster, dan buku bahasa Inggris. Kegiatan ini juga melibatkan interaksi aktif dengan siswa melalui kuis bahasa Inggris. Diharapkan program ini akan membantu siswa mengatasi kendala bahasa Inggris sejak dini dan memberikan bekal dasar yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-14

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 100 | : 103