Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5049Kata Kunci:
etnopedagogi, modul ajar, pelatihan, sekolah dasarAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi permasalahan kesulitan guru dalam mengembangkan modul ajar pada Kurikulum Merdeka. Salah satu faktornya ialah rendahnya pemahaman guru tentang penyusunan Kurikulum Merdeka serta guru masih berpedoman pada buku guru di dalam pengelolaan pembelajaran. Tujuan PkM ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar berbasis etnopedagogi melalui pelatihan dan pendampingan. Metode PkM terdiri atas perencanaan dan persiapan, pelaksaanaan, dan evaluasi serta monitoring. Sasaran kegiatan ini adalah para guru jenjang sekolah dasar di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Waktu pelaksanaan selama tiga bulan mulai Juli hingga September 2023. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi, wawancara, dan lembar angket. Pemaparan hasil dijelaskan secara deskriptif. Hasil PkM ini menunjukkan bahwa guru mampu menyusun modul ajar berbasis etnopedagogi, etnosains, etnomatematika, dan etnoinklusi. Maka, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru di Kabupaten Nganjuk mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar.
Unduhan
Diterbitkan
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Neni Mariana, Ari Metalin Ika Puspita, Mintohari Mintohari, Hitta Alfi Muhimmah, Zaenal Abidin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.