Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Metalin Ika Puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari Universitas Negeri Surabaya
  • Hitta Alfi Muhimmah Universitas Negeri Surabaya
  • Zaenal Abidin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5049

Kata Kunci:

etnopedagogi, modul ajar, pelatihan, sekolah dasar

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi permasalahan kesulitan guru dalam mengembangkan modul ajar pada Kurikulum Merdeka. Salah satu faktornya ialah rendahnya pemahaman guru tentang penyusunan Kurikulum Merdeka serta guru masih berpedoman pada buku guru di dalam pengelolaan pembelajaran. Tujuan PkM ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar berbasis etnopedagogi melalui pelatihan dan pendampingan. Metode PkM terdiri atas perencanaan dan persiapan, pelaksaanaan, dan evaluasi serta monitoring. Sasaran kegiatan ini adalah para guru jenjang sekolah dasar di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Waktu pelaksanaan selama tiga bulan mulai Juli hingga September 2023. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi, wawancara, dan lembar angket. Pemaparan hasil dijelaskan secara deskriptif. Hasil PkM ini menunjukkan bahwa guru mampu menyusun modul ajar berbasis etnopedagogi, etnosains, etnomatematika, dan etnoinklusi. Maka, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru di Kabupaten Nganjuk mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 111 | : 177