ANALISIS HARD SKILL DAN SOFT SKILL ROOM ATTENDANT HOTEL IBIS GADING SERPONG

Authors

  • Istiqfar Panji Prakoso Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Ati Cahayani Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Keterampilan, Hard skill, Soft skill, Room attendant

Abstract

Keterampilan merupakan sebuah keahlian yang ada di dalam diri seseorang guna melakukan kegiatan, dan keterampilan sendiri bisa berasal dari dalam diri orang itu sendiri yang biasa disebut bakat, atau keterampilan yang dipelajari dari pihak lain. Ketika orang tersebut bisa memahami suatu keterampilan, nantinya keterampilan itu akan menjadi miliknya dan jika terus dilatih akan dapat digunakan sebagai profesional untuk suatu kegiatan, lalu jika keterampilan itu digunakan untuk bekerja, maka hanya tinggal menyesuaikan dengan keterampilan standar yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan. Lalu keterampilan juga dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu keterampilan teknis atau hard skill dan juga keterampilan kecakapan hidup atau soft skill. Hard skill adalah sebuah keterampilan teknis yang biasanya digunakan agar dapat menyelesaikan suatu kegiatan yang berhubungan dengan benda mati atau makhluk hidup. Sedangkan soft skill adalah keterampilan kepribadian diri yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan kegiatan yang berhubungan dengan makhluk hidup saja. Sehingga sangat penting bagi seorang pekerja dapat memiliki keterampilan hard skill maupun soft skill dengan baik, agar nantinya dapat memberikan hasil maksimal dari pekerjaan yang telah dilakukannya. Penelitian ini akan menganalisis mengenai hard skill dan soft skill dari seorang pekerja room attendant di sebuah hotel untuk mengetahui keterampilan apa saja yang digunakan room attendant dalam bekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis keterampilan hard skill dan soft skill yang digunakan dalam bekerja di hotel Ibis Gading Serpong. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan beberapa cara, yaitu data primer berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk data sekunder berupa data kepustakaan, dan data perusahaan. Lalu untuk triangulasi terdapat tiga kategori informan untuk penelitian sebagai objek penelitian, yaitu 2 pekerja room attendant sebagai informan utama, 1 atasan dari pekerja room attendant (supervisor department housekeeping) sebagai informan tambahan, dan 2 orang tamu hotel Ibis Gading Serpong sebagai informan tambahan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis pada tanggal 5 Mei 2021 sampai dengan tanggal 10 Juni 2021 menunjukkan bahwa analisis mengenai indikator hard skill yaitu keterampilan bahasa asing, sertifikasi keterampilan, keterampilan microsoft office, keterampilan desain dan soft skill yaitu keterampilan berkomonunikasi, keterampilan kepemimpinan, keterampilan kerjasama tim, keterampilan berdiskusi atau bernegosisi, keterampilan mengatur waktu, keterampilan percaya diri akan kapasitas kemampuannya, keterampilan profesional yang ditanyakan penulis ketika wawancara terhadap informan menyatakan hampir semuanya penting untuk dimiliki guna menunjang pekerjaan seorang room attendant. Meskipun menurut konsumen dan room attendant itu sendiri ada keterampilan yang tidak perlu dimiliki karena tidak pernah digunakan, tapi sebenarnya itu juga perlu untuk dimiliki, dan perbedaan pendapat itu dikarenakan perbedaan pengalaman informan mengenai informasi yang diketahuinya tentang room attendant.

References

Alam, N., Tambaru, E., Dan Abdullah, A. (2015). Keragaman Jamur Basiomycetes Makroskopis Di Kawasan Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin Bengo-Bengo Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Jurnal Alam Dan Lingkungan, 1(1) 1-7.
Aribowo Dan Illah Sailah. (2008). Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Elfindri, Dkk. (2011). Soft Skills Untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media.
Faizal Alam Islami Dan Augusty Tae Ferdinand. (2012). Pengaruh Hard Skill, Soft Skill Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol 3. No 4.
Iverson. (2001). Memahami Keterampilan Pribadi. CV. Pustaka: Bandung.
Manara, M. U. (2014). HARD SKILLS Dan Soft Skills Pada Bagian Sumber Daya Manusia Di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 37–47.
Molan, Benyamin. (2014). Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta : Ufuk Timur.
Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan Kualitas Hard Skill Dan Soft Skill Melalui Pengembangan Program Teaching Factory (TEFA) Di Smk Model Pgri 1 Mejayan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 26–33.
Robbins. (2000). Keterampilan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo.Iverson. 2001. Memahami Keterampilan Pribadi. CV. Pustaka: Bandung.
Saebani, Beni Ahmad. (2008). Metode Penelitian Hukum, Bandung: Pustaka Setia.
Suhardjono, Dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Surahman, Rachmat M. & Supardi, S. (2016). Metode Penelitian. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 1142 | PDF downloads: 679